Kerja Bareng Bank Papua, ABAMI Nabire Siap Gelar Kontes Akik

NABIRE - Bekerjasama dengan Bank Papua Kantor Cabang Nabire, Asosiasi Batu Mulia Indonesia (ABAMI) Nabire akan kembali menggelar kontes. Bila dalam beberapa waktu yang lalu menggelar pameran dan kontes batu akik dalam sub atau bagian dari Pasar Mikro, kali ini kontes hanya melombakan batu asli atau lokal Nabire.


Mempersiapkan pagelaran tersebut, ABAMI Nabire (dulu Pengurus Komunitas Batu Akik Kabupaten Nabire) menggelar rapat dan membentuk panitia kecil, Minggu Malam (13/12).
Panitia kecil hanya terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris dan bendahara.
Hajar Aswad kembali dipercaya untuk mengisi pos ketua, sementara wakil ketua Didik, sekretaris Rosihin el-osyadi dan bendahara Syarifudin.
Rapat yang dipimpin Ketua ABAMI Kabupaten Nabire, didampingi bendahara H. Syamsul Akmar dan wakil bendahara Syarifudin, disamping membentuk panitia kecil juga membahas hal-hal lain terkait keberadaan ABAMI Nabire.
Kontes batu akik lokal Nabire kali ini bertajuk ‘Sambut tahun Baru 2016’, sehingga waktu yang dijadwalkan untuk menggelar kontes batu itu pada tanggal 31 Desember 2015 bertempat di Bank Papua Kantor Cabang Nabire.
Rapat juga telah menentukan tiga kategori untuk kontes kali ini, yaitu Kristal Papua, Lumut Gamei dan Hijau Botol. Dalam kategori Lumut Gamei dan Hijau Botol memasukan tembus dan tidak tembus.
Untuk menilai, rapat juga telah menentukan dan menunjuk 3 orang juri yang semuanya lokal (asli Nabire). Mereka adalah Iqbal, Arief dan Leo Daniel. Sedangkan untuk biaya pendaftaran, rapat memutuskan dan menyepakati biaya sebesar Rp.30.000,- perbatu.
Untuk hadiah, panitia menyediakan uang pembinaan bagi masing-masing kategori. Juara 1 mendapat Rp.1.000.000, juara 2 Rp.700.000, dan juara 3 Rp.500.000.
Setelah membahas kontes dan membentuk panitia, rapat juga membahas hal-hal guna kelangsungan dan kesolidasi pengurus ABAMI Nabire.
Semua yang hadir dan masih ada beberapa orang yang tidak hadir (karena kesibukan) telah menyatakan untuk bersatu dalam barisan ABAMI Nabire.
Rapat juga membahas perihal keberadaan para pedagang batu akik yang untuk sementara beraktivitas di halaman Ruko Merah Putih Jalan Merdeka Nabire.
Pengurus ABAMI Nabire, selanjutnya akan berkoordinasi dengan pihak instansi terkait dalam hal ini Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Nabire. (iing elsa)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2