Angkat Potensi Batu Lokal, ABAMI Siap Gelar Kontes Batu Akik

NABIRE - Dalam rangka menggali dan mengangkat potensi sumber daya batu Nabire, Asosiasi Batu Mulia Indonesia (ABAMI) Kabupaten Nabire akan menggelar kontes batu akik khusus lokal Nabire.
Kegatan bertajuk menyambut Tahun Baru 2016 itu dilaksanakan bekerja sama dengan Bank Papua Cabang Nabire.
Pengurus ABAMI Kabupaten Nabire telah menggelar dua kali rapat/pertemuan, pertama dengan melakukan pembentukan panitia dan kedua membahas penilaian yang akan dikenakan dalam kontes tersebut.


Rapat perdana dilaksanakan pada Minggu Malam (13/12), dan rapat kedua pada Selasa (15/12) di Cafe Nemo Karina Nabire.
Kontes batu akik khusus lokal Nabire kali ini memperlombakan 3 (tiga) kategori yakni Kristal Papua, Lumut Gamei dan Hijau Botol.Panitia telah menetapkan 3 (tiga) orang juri yang kesemuanya berasal dari lokal Nabire, yaitu Iqbal, Arief dan Leo Daniel.
Kegiatan akan dilaksanakan hanya sau hariyaitu pada hari terakhir tahun 2015, yakni tanggal 31 Desember 2015.Dijadwalkan lomba akan dilaksanakan mulai pukul 14.00 wit dengan mengambil tempat di Halaman Belakang Bank Papua Cabang Nabire.
Dalam rapat kedua, Pengurus ABAMI Nabire dan panitia sepakat bahwa tujuan utama dilaksanakannya kontes tersebut, disamping menyambut Tahun Baru 2016, juga untuk menggali dan mengangkat potensi batu akik asli Nabire.
Sementara itu, Pengurus ABAMI Kabupaten Nabire melalui bendahara H.Syamsul Akmar telah melakukan koordinasi dengan pihak Bank Papua Cabang Nabire dalam hal ini dengan pimpinannya yakni Syamsul Arief terkait pelaksaaan kegiatan itu.
Kepala Bank Papua menyambut positif dan sebagai bentuk dukungan serta kerja sama, Bank Papua menyediakan fasilitas serta sejumlah keperluan yang dibutuhkan berupa tenda untuk kegiatan kontes.
Mengingat kegiatan hanya berlangsung satu hari maka hanya kontes yang akan dilaksanakan tnap menggelar pameran.
Namun demikian pihak panitia masih memperbolehkan untuk menjual batu akik tanpa etalase, namunĀ  hanya dalam kotak/wadah.
Untuk pendaftaran panitia telah memutuskan danĀ  menyepakati Rp.30.000,- perbatu dan pendaftaran dilakukan langsung ditempat dan pada hari kontes.
Bagi masyarakat yang ingin merayakan Malam Tahun Baru 2016 dan mengikuti kontes batu akik khusus lokal Nabire, dipersilahkan untuk hadir di Bank Papua Cabang Nabire pada tanggal 31 Desember 2015.Khusus bagi pantia diminta untuk hadir pada tanggal itu mulai pagi pukul 09.00 wit. (iing elsa)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2