Bupati Buka Sosialisasi Sensus Ekonomi 2016

NABIRE - Selasa (15/12), bertempat di Hotel Karya Papua, digelar kegiatan sosialisasi tentang Sensus Ekonomi 2016. Kegaitan dibuka Penjabat Bupati Nabire, Sendius Wonda SH, M.Si yang diwakili staf ahli Setda Nabire, Benyamin Kareth, SH, MAP.


Dalam sambutan Penjabat Bupati Nabire yang disampaikan Benyamin Kareth, SH, MAP, disebutkan, untuk mengetahui perkembangan suatu negara maupun daerah, dapat dilihat dari tingkat pertumbuhan ekonominya. Pertumbuhan ekonomi dapat diketahui melalui kegiatan sensus ekonomi.
Dikatakan, sensus ekonomi yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali, bertujuan untuk menjaring informasi yang valid dan akurat. Dalam rangka menyajikan data dasar tentang struktur ekonomi suatu negara. Data tentang struktur ekonomi sangat penting dalam penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan. Dan sebagai rujukan bagi pimpinan dalam menentukan strategi dan pengambilan keputusan.
“Mengawali pelaksanaan sensus ekonomi 2016, perlu dilakukan seminar untuk membahas berbagai hal yang penyangkut pelaksanaan sensus ekonomi,  menggali masukan dari semua stakeholder menyangkut sektor-sektor ekonomi apa saja yang akan didata, bagaimana teknis pengumpulan data, serta kendala-kendala yang mungkin dihadapi pada saat pelaksanaan sensus ekonomi 2016 nanti,” katanya.
Lanjutnya, melalui pelaksanaan sensus ekonomi 2016, akan dapat dipetakan potensi ekonomi suatu wilayah, sektor ekonomi yang potensial dikembangkan bagi pertumbuhan ekonomi suatu daerah, prospek investasi, serta daya saing daerah dalam perekonomian regional, nasional maupun internasional  menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).
Sehubungan dengan itu, hal yang perlu digaris bawahi, kegiatan sensus ekonomi tidak berhubungan dengan pajak dan tidak dipungut biaya. Selain itu, rahasia data yang diberikan menyangkut aset usaha maupun badan usaha  terlindungi dengan Undang-Undang Nomor 16 tahun 1997 tentang statistik. Untuk itu, pihaknya mengharapkan pada saat pelaksanaan sensus, setiap pemilik usaha maupun pimpinan badan usaha dapat memberikan data yang benar dan akurat pada petugas sensus.
“Mengingat pentingnya kegiatan ini, saya mengharapkan agar para peserta lebih pro aktif dalam kegiatan ini. Sehingga hasil sensus ekonomi 2016, benar-benar dapat memberikan gambaran yang menyeluruh tentang struktur perekonomian nasional dan daerah,” ujarnya.
Lebih lanjut dikatakan, tersedianya data sensus ekonomi yang valid dan akurat sebagai rujukan bagi semua pihak, termasuk pemerintah Kabupaten Nabire dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Demi terwujudnya masyarakat Nabire yang bangkit,  mandiri dan sejahtera.
Disela-sela kegiatan, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Nabire, Wempi Howay, SE menyampaikan, sensus ekonomi tahun 2016 Kabupaten Nabire akan dilakukan pendataan khusus untuk wilayah-wilayah kosentrasi ekonomi di Kabupaten Nabire. Tempat-tempat tersebut akan didatangi oleh petugas dari BPS melalui mitra yang direkrut untuk melakukan pelatihan untuk mencapai kegiatan tahun 2016.
“Kami melakukan kegiatan awal antara lain jalan santai, menyebarkan pamphlet kepada pelaku-pelaku ekonomi di wilayah kosentrasi Pasar Oyehe dan sekitarnya. Kemarin kami melakukan seminar sosialisasi sensus ekonomi tahun 2016,” tuturnya.
Dirinya mengharapkan, semua stakeholder, pelaku-pelaku ekonomi bahkan para pejabat yang ada di Kabupaten Nabire dapat mengikuti seminar ini dengan sebaik-baiknya. Agar dapat memberikan informasi kepada public supaya dapat mengetahui secara menyeluruh.
“Sosialisasi tersebut ini dilaksanakan selama sehari dan sore harinya pemerintah daerah diwakili Kepala Badan Statistik Kabupaten Nabire ditutup secara resmi,” ujar. (Modes)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2