DPRD Nabire Menetapkan APBD Tahun Anggaran 2016

NABIRE - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nabire menyetujui dan menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2016 sebesar Rp 1.174.172.535.783, yang diajukan oleh eksekutif. Persetujuan tersebut disertai dengan penyerahan berita acara yang ditandatangani Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Nabire, Marci Kegou, Wakil Ketua II, Roy Wonda dan Penjabat Bupati Nabire, Sendius Wonda.

 

Persetujuan dewan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2016 ditetapkan, Kamis (17/12) subuh di Ruang Sidang Utama pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten yang dipimpin Wakil Ketua I, Marcy Kegou didampingi Wakil Ketua II, Roy Wonda.

Pendapat akhir dari enam fraksi di DPRD Kabupaten Nabire menyatakan menerima Raperda APBD tahun 2016 dan menyetujui untuk ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda) APBD Kabupaten Nabire Tahun 2016. Beberapa fraksi, setuju untuk ditetapkan tetapi dengan catatan untuk diperhatikan eksekutif.

Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) melalui pendapat akhirnya yang dibacakan Ruben Tandi, mengingatkan agar dalam pembahasan anggaran untuk tahun-tahun mendatang agar melibatkan lembaga DPRD lewat Badan Anggaran (Banggar) agar penyusunan prioritas program bisa dibahas bersama.

Fraksi PDIP juga mengingatkan agar dalam pembahasan anggaran, sebaiknya dibahas satu per satuan dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada, tidak lagi pengajuan menyeluruh yang terjadi pada sidang paripurna kali ini. Apabila ada perubahan terhadap program dan lokasi kegiatan, F PDIP juga mengusulkan agar perubahan tersebut harus melalui Sidang Paripurna DPRD.

Sementara itu, Fraksi Koalisi Nusantara Bersatu (F KNB) lewat pendapat akhir fraksi yang dibacakan Hj Katherin Maruanaya meminta agar dalam penyusunan anggaran pembangunan hendaknya memperhatikan peningkatan kesejahteraan masyarakat, perencanaan pembangunan hendaknya terbuka, jangan hanya dilakukan oleh eksekutif.

 

Fraksi KNB juga meminta agar pelayanan dari setiap dinas kepada masyarakat hendaknya dioptimalkan. Mengakhiri pendapat akhirnya, Fraksi KNB menyampaikan selamat merayakan hari raya Natal dan Tahun Baru kepada masyarakat di daerah ini. (ans)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2