Pemuda Gereja GKI Ebenhaizer Sima Gandeng Brimob dan Koramil Yaur Gelar Karya Bhakti

NABIRE - Persekutuan Anggota Muda (PAM) Gereja Kristen Injil Ebenhaizer Kampung Sima, Selasa (15/12) menggelar kegiatan Bhakti Sosial dengan melakukan penataan halaman gereja, pengecatan gedung gereja bersama Aparat Brimob Subden 4 POR C Biak dan anggota TNI Koramil Yaur. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Kampung Sima, Tokoh Gereja dan Tokoh Masyarakat, Ketua Koperasi Suku Waoha, Ketua Koperasi Suku Akaba, Ketua Koperasi Suku Sarakwari serta Jemaat GKI Ebenhaizer Sima. Dalam acara tersebut juga diberikan bingkisan Natal pada tanggal pada tanggal 14 hingga 15 Desember 2015 kepada murid SD Inpres Sima oleh Panitia Perayaan Natal PT. Nabire Baru dan PT. Sariwana Adi Perkasa.

 
Harapan salah satu Tokoh Masyarakat Sima, Agus Runggiari mengatakan, agar kegiatan ini dapat terus dilakukan oleh gereja dengan didukung oleh perusahaan, yang mana kegiatan karya bhakti tersebut dinilai sangat memberikan manfaat bagi kalangan pemuda. Dengan adanya keterlibatan pihak-pihak terkait dapat terbangun silaturahmi dan komunikasi yang baik, sehingga mampu membangun persahabatan dan kedekatan secara keimanan. Kedepan agar kegiatan ini juga dapat terus didukung oleh PT. Nabire Baru untuk denominasi gereja lainnya, dimana hal ini juga sudah disampaikan kepada pimpinan perusahaan dan mendapat tanggapan yang baik, kata Agus Runggiari.
Hal Senada juga diungkapkan oleh Ketua Koperasi Suku Waoha, Yunus Monei, yang mana dirinya mengungkapkan, agar kerjasama ini dapat terus dijalin dan ditingkatkan kepada semua.
Sementara itu, Pendeta Ferdinanda Raru, S.Si. mengungkapkan bahwa antusias pemuda PAM GKI Ebenhaizer dalam melaksanakan karya bhakti tersebut sangat baik, dan para Pemuda PAM GKI Ebenhaizer Kampung Sima telah menyatakan sikap mereka lewat pekerjaan yang telah dilaksanakan ini.
Yang mana menurutnya, Pemuda Kampung Sima umumnya sangat memahami baik, namun dorongan dan spirit kepada pemuda masih perlu ditingkatkan.
Disamping itu, harapan gereja bahwa, pemuda dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi secara pribadi dan masalah di lingkungannya. Adanya kerjasama perusahaan, pemuda dan gereja perlu terus ditingkatkan dan peran gereja untuk terus melakukan pembinaan rohani kepada pemuda sehingga mereka memahami siapa diri mereka sendiri sebelum mereka melakukan tugas dan pekerjaan di tengah-tengah masyarakat.
Pemuda mampu memahami arti kata pemuda, sehingga dalam mengisi kehidupan ini dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan hati Tuhan secara khusus.
Dalam rangka menyambut Hari Raya Natal di Kampung Sima, Pendeta Ferdinanda Raru, S.Si mengucapkan terima kasih kepada PT. Nabire Baru dan memberikan pesan natal secara khusus bahwa, “Semoga Natal Tahun 2015 bukan saja seremonial yang biasa dirayakan, tetapi benar-benar sebagai orang beriman kita memperlihatkan Allah dalam kehidupan pribadi, keluarga dan persekutuan,” harapnya..
Sehingga, dengan demikian kerjasama ini, dapat terus ditingkatkan dan bergandengan tangan sebagai sikap kita sebagai orang beriman lewat pengabdian bersama di tengah-tengah masyarakat.
Selain itu, tanggapan positif datang dari Babinsa Kampung Sima, Paito, dimana selaku Babinsa Kampung Sima, dirinya juga mengucapkan terima kasih atas kegiatan bersama ini, untuk menjaga silaturahmi antara Pemuda Gereja dan aparat keamanan serta masyarakat.
Hal senada juga disampaikan oleh Komandan Pos Subden 4 POR C Biak, selaku pelayan masyarakat dan abdi negara, dirinya sangat mendukung penuh kegiatan Karya Bhakti tersebut, guna menunjang pengembangan kegiatan Pemuda gereja dan kegiatan kerohanian lainnya. 
“Hal ini sangat bermanfaat bagi kami, dan sebagai aparat kami mohon dilibatkan karena kegiatan ini sangat positif untuk pembinaan masyarakat,” ungkapnya.
Selaku Ketua PAM Jemaat Ebenhaizer Sima, Efraim Wayawiyuta, memberikan tanggapan terkait dengan kegiatan karya bhakti tersebut, dirinya juga selaku Ketua PAM Jemaat GKI Ebenhaizer Kampung Sima mengucapkan terima kasih atas dukungan terhadap kegiatan karya bhakti pemuda, serta adanya dukungan dari petugas dan aparat keamanan yang turut membantu dalam kegiatan karya bhakti di Gereja GKI Jemaat Ebenhaizer Sima.
Diharapkan, dari kegiatan ini, keterlibatan pemuda semakin ditingkatkan dalam kegiatan-kegiatan gereja. Harapan kedepannya, agar anggota pemuda dapat terus terlatih dan ambil bagian dari kegiatan-kegiatan sosial dan melatih dirinya untuk lebih baik.
“Kegiatan-kegiatan pemuda berupa belajar sejarah gereja, nyanyian rohani aturan gereja dan kegiatan-kegiatan yang telah dibuat oleh gereja. Harapan saya dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini, pemuda dapat berubah sikapnya menjadi lebih baik sesuai dengan keimanannya,” tuturnya. 
Demianus Maniburi, salah satu tokoh masyarakat Sima (Mantan Kepala Desa) menyampaikan, bahwa hal ini merupakan program bersama dan harapannya, bahwa kegiatan ini bukan hanya hari ini saja dilaksanakan, tetapi diusahakan terus ditingkatkan dan dapat terus menjaga hubungan dengan perusahaan, dengan melibatkan pemuda Kampung Sima. PT. Nabire Baru diminta untuk terus mendukung kegiatan kepemudaan termasuk kegiatan olahraga misalnya bola kaki dan bola volly serta untuk kegiatan perempuan dan ibu-ibu.
Dengan adanya perusahaan di Sima, diharapkan terus memperhatikan semua masyarakat. Dimana, dari pengamatan masyarakat, perusahaan sudah berbuat untuk masyarakat dan sudah nampak dan perubahan 50 – 60 %, sehingga perlu terus ditingkatkan. Yang mana, ada yang belum perusahaan buat bisa terus dibuat oleh perusahaan. Adanya dampak-dampak akibat adanya perusahaan kita terus jaga, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki.
Sebagai salah satu mantan tokoh pemuda yang kini telah menjadi staf di PT. Nabire Baru, Hengky Akubar mengharapkan agar organisasi PAM GKI Jemaat Ebenhaizer Sima tumbuh menjadi sebuah organisasi, dimana adanya rasa memiliki dari anggotanya dan rasa kebersamaan dalam mengembangkan organisasi PAM. Dalam tubuh organisasi kepemudaan tersebut diharapkan memahami tugas dan fungsi organisasi guna menjalankan program-program kepemudaan dengan tujuan mengembangkan karakter pemuda sesuai dengan harapan gereja. (cad)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2