DPA TA 2016 Diserahkan, SKPD Diminta Laksanakan Sesuai Rencana Program

NABIRE - Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Nabire Tahun Anggaran (TA) 2016 telah diserahkan oleh Penjabat Bupati Nabire Sendius Wonda, SH.,M.Si kepada 5 perwakilan pimpinan SKPD, Senin (11/1) pagi kemarin.


Seluruh SKPD di lingkungan Setda Nabire diminta dan diharapkan dapat melaksanakan kegiatan pembangunan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan penetapan strategi dan arah kebijakan RPJMD Kabupaten Nabire yang telah ditetapkan, dengan penyerapan yang tentunya maksimal. Hal ini seperti terang Sendius Wonda, sebelum menyerahkan DPA kepada beberapa perwakilan SKPD di daerah ini.
Dikatakan Wonda, secara teknis terkait pengelolaan dan pengawasan DPA telah disampaikan pihak keuangan dan inspektorat Nabire, dan kiranya apa yang telah disampaikan itu menjadi perhatian kita bersama khususnya pada pengelola kegiatan tahun 2015 dan masuk TA 2016 kedepan tidak jadi masalah dan sebagainya.
Lanjut Sendius, pemerintahan yang benar adalah pengelolaan pemerintahan tepat waktu, tepat anggaran dan tepat sasaran sesuai dengan RPJMD dan rencana strategi serta kebijakan pembangunan lainnya. “Undang-undang kita dalam pengelolaan dan pelaksanaan anggaran kita adalah rencana program jangan panjang dan menengah serta seterusnya, sehingga ketika ada SKPD yang keluar dari itu maka itu salah. Pemerintah itu melaksanakan kegiatan sesuai RPJMD dan seterusnya,” terang penjabat bupati dihadapan sejumlah pimpinan dan entitas daerah.
Tambahnya, itu (RPJMD dan rencana selanjutnya tadi, red) dasar pembangunan daerah. Melenceng dari itu salah, sehingga diharapkan kepada semua SKPD yang ada untuk melaksanakan kegiatan rencana program yang telah ditetapkan bersama. “Hari ini kita lebih cepat dari kabupaten lain di Papua khususnya terkait penyerahan DPA dan ketiga secara nasional pelaporan keuangan daerah ke Kementerian Keuangan Republik Indonesia, sehingga prestasi ini juga harus dibarengi dengan pelaksanaan anggaran kita kedepan,” tandasnya.
Lanjut Sendius, kita harap bulan Januari ini sudah start kegiatan. Penyerapan anggarannya pun juga diharapkan dapat berjalan maksimal, sehingga pembangunan Kabupaten Nabire di tahun anggaran 2016 berjalan dengan baik. “Mulai Januari ini kegiatan sudah start dan penyerapan anggaran tidak menjadi masalah seperti tahun sebelumnya,”ungkapnya.
Sekretaris Inspektorat Kabupaten Nabire menyampaikan, hal menonjong di tahun anggaran 2015 kemarin, pada bulan November, ada SKPD yang penyerapan kegiatannya baru 30 persen. Ini menjadi catatan dan berdasarkan hal tersebut di bulan Januari ini, pihak inspektorat atau dulunya disebut Bawasda Nabire akan melakukan evaluasi SPJ guna melihat sejauh mana SKPD melaksanakan penyerapan anggaran agar kedepannya pelaksanaan kegiatan pembangunan di Nabire dapat berjalan dengan baik.
Sementara itu, Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Nabire, Slamet,SE.,M.Si, kepada media ini usai penyerahan DPA tersebut menambahkan, disamping yang sudah tertera di dalam DPA TA 2016, maka diharapkan kepada SKPD dan seluruh entitas pengelolaan keuangan di Kabupaten Nabire, harus menyiapkan dua hal.
Pertama, terang orang nomor wahid di lingkungan BPKAD Nabire ini, para SKPD dan entitas pengelola keuangan di Kabupaten Nabire harus menyiapkan dan menyelesaikan pelaporan pengunaan anggaran tahun 2015 kemarin dan kedua, terkait kemampuan pelaporan neraca aset.
Dalam hal pelaporan neraca aset ini, lanjutnya, kita beri waktu sekitar tanggal 19 Februari 2016 dan diserahkan kepada badan pengelola keuangan dan aset daerah melalui bidang akuntasi BPKAD Kabupaten Nabire. (wan)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2