300 Hektar Lahan Sawah Petani, Panen Kemarin

NABIRE – Melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Nabire, Forkopimda, Dinas Pertanian dan Holtikultura Provinsi Papua, serta para petani padi melakukan panen raya 300 hektar lahan persawahan di SP I, Kelurahan Kalisemen Distrik Wanggar, Senin (11/1) kemarin.
Kepala Dispertanbun Kabupaten Nabire, Yasor V. Sawo, kepada wartawan mengatakan, panen raya tersebut merupakan kelanjutan dari penanaman serentak pada bulan Oktober 2015 yang lalu.


“Dengan profitasi yang kita capai adalah 4,71 gabah kering giling, itu setara dengan 3,01 ton beras per hektarnya,” kata Viktor usai panen raya kemarin seraya menambahkan, jumlah tersebut jika dikalikan dengan 300 hektar lahan persawahan yang dipanen, maka jumlah keseluruhannya adalah 900 ton beras.
Ditempat yang sama Penjabat Bupati Kabupaten Nabire, Sendius Wonda, SH.,M.Si, berterima kasih kepada seluruh jajarannya dalam hal ini Dinas Pertanian dan Perkebunan, aparat TNI/Polri, para petani dan juga seluruh masyarakat di Kabupaten Nabire yang telah mendukung pemerintah dalam menyukseskan swasembada pangan.
“Kalau tidak ada petani yang menanam padi, sekalipun Polisi, Tentara, PNS serta masyarakat memiliki banyak uang, mereka mau makan apa jika tak ada beras,” katanya.
Oleh karena itu, lanjutnya, selaku pimpinan di daerah ini mengucapkan banyak terima kasih kepada para petani, sehingga pada hari ini kita bisa melakukan panen raya padi di Kabupaten Nabire.(wan)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2