Raker IV Klasis GKI Paniai Digelar

NABIRE- Pada Rabu, 10 Februari 2016 bertempat di Gereja Sion GKI Kampung Harapan, Penjabat Bupati Sendius Wonda, SH.,M. Si yang diwakili Sekda Nabire Drs. Jhony Pasande secara resmi membuka kegiatan Rapat Kerja (Raker) IV Klasis GKI Paniai Jemaat Sion Kampung Harapan. Kegiatan Raker ini terlaksana dan berjalan dengan baik dan aman.
Ketua Panitia Daniel Maipon, SSTP dalam laporannya mengatakan, dalam suasana syukur kepada Tuhan, patutlah kami menyampaikan selamat menjalani minggu-minggu kesengsaraan Tuhan Yesus.  Kiranya penghayatan kita tentang penderitaan Kristus yang menderita dan mati di kayu salib, hanya demi menyelamatkan kita menjadi motivasi dan semangat baru untuk lebih sungguh-sungguh bekerja terus melayani Tuhan dalam semangat kasih dan persaudaraan di dalam Kristus.
Dalam pelaksanaan Raker IV, ini tambahnya, guna mengevaluasi dan menggumuli seluruh pekerjaan pelayanan yang dipercayakan kepada kita, khususnya pelayanan di tahun 2015 yang sudah kita lalui bersama serta segala harapan dan rancangan kita untuk pelayanan di tahun 2016 mendatang.


Sesuai hasil keputusan Raker III di Jemaat GKI Ebenhaizer Sima, progam kerja komisi pekabaran injil untuk tahun pelayanan 2015 hanya ada 8 program, katanya, yakni ibadah, penyusunan materi khotbah, mengali sejarah PI, penguatan organisasi dan pertemuan rutin para pelayan, visitasi, pendampingan serta pertumbuhan jemaat baru, maka di tahun 2016 ini kita dapat ditingkatkan pelayanan kita kepada jemaat dan kepada sesama manusia yang lain.
Bupati Sendius Wonda dalam sambutannya mengatakan Raker ke-IV Klasis GKI Paniai yang direncanakan berlangsung selama 2 hari, yakni pada hari ini Rabu 10 Februari 2016 dan berakhir pada besok 11 Februari 2016. “Saya ucapkan selamat datang di Nabire kepada Ketua BP Am Sinode GKI di tanah Papua, semoga dengan kehadirannya dapat memotivasi kita semua, untuk terus meningkatkan iman dan percaya kepada Tuhan Yesus Kristus,” ungkap Sekda.
Lanjutnya, pemerintah sebagai wakil Allah di dunia secara terus menerus melaksanakan pembangunan di bidang keagamaan, yang difokuskan pada peningkatan mental dan spiritual jemaat sebagai dasar bagi pembangunan untuk semua sendi kehidupan manusia.
“Sebagai warga GKI yang telah dipersatukan oleh kasih Allah, kita dituntut untuk menebar kasih kepada sesame sebagaimana Firman Tuhan dalam Yohanes Pasal 15 Ayat 12 : Inilah Perintahku Supaya Kamu Saling Mengasihi, Seperti Aku Telah Mengasihi Kamu. Segala sesuatu yang dilaksanakan dimana kita diperkenankan Tuhan untuk, hidup melayani dan mengabdi, harus mencerminkan ketulusan, kerjasama, tolong-menolong, berbagai kasih dengan sesama. Hanya dengan kasih-lah yang mampu menebus sekat-sekat wilayah, agama, status sosial, tingkat ekonomi, maupun adat istiadat dan budaya,” tuturnya.
Sudah menjadi tugas yang hakiki bagi umat manusia, khususnya umat Kristiani dalam kehidupan ini adalah bersekutu, bersaksi dan melayani. Sebab kita dipanggil untuk terus memenuhi Tri Tunggal Gereja dan membina jemaat sesuai amanat Agung Yesus Kristus kepala gereja.
Sehubungan dengan Raker pada hari ini, segenap warga GKI akan melaksanakan rapat kerja empat, forum seperti ini merupakan sarana dan wadah untuk saling berkomunikasi dan berkoordinasi, mengevaluasi tugas-tugas pelayanan gerejawi yang telah dilakukan majelis ditiap-tiap jemaat di tahun 2015, dan selanjutnya menyusun dan merumuskan progam kerja GKI kedepan, sehingga tugas panggilan gereja, akan semakin efektif, berkualitas dan membumi.
“Panggilan gereja yang dimaksudkan disini bukanlah, gereja dalam arti fisik tempat beribadah dan memuliakan nama Allah, akan tetapi merupakan orang-orang yang dipanggil untuk hidup dalam kebersamaan dalam persekutuan jemaat,” terangnya.
Menurutnya, hidup dan bertumbuh dalam persekutuan jemaat merupakan tempat berbagi rasa, pengajaran, penghiburan dan nasehat untuk menjadi satu dalam tubuh Kristus, menuju jemaat yang dewasa, mandiri dan missioner.
“Melalui raker ini, saya harapkan agar didalam pembahasan program kerja kedepan hendaknya lebih dititikberatkan pada peningkatan peran dan fungsi gereja dalam menumbuhkembangkan iman para jemaat.
Untuk itu saya menghimbau kepada segenap warga GKI, hendaknya dapat terlibat dan berperan secara aktif dalam persekutuan, melaksanakan tugas kesaksian dan pelayanan, sehingga gereja merupakan pilar kedepan dalam mengentaskan berbagai keterbelakangan, ketidakadilan, kemerosotan moral dan kemiskinan, menuju terwujudnya tantanan warga GKI yang religius, berkualitas dan sejahtera,” ujarnya.
Tambahnya, selain membahas progam kerja GKI dalam rangka mengemban fungsi sosial gereja, diharapkan forum ini juga membahas isu global, yaitu tercapainya tujuan pembangunan millennium pada tahun 2015 antara lain penanggulangan gizi buruk, penurunan kemaktian ibu dan anak dan penanggulangan virus HIV/Aids.
“Pelaksanaan Raker ke-IV ini, merupakan momentum yang sangat penting, sebab merupakan wujud keimanan dan kesetiaan kita kepada Tuhan Yesus Kristus, dan merupakan suatu kegiatan untuk menata dan merevitalisasi kembali Tri Panggilan gereja. Melalui momentum Raker ke-IV Klasis GKI Paniai ini, saya mengajak kepada segenap warga GKI sekalian, mari kita dukung semua progam pemerintah daerah, sehingga keberadaan gereja sebagai mitra pemerintah dalam pembinaan iman dan rohani pada jemaat, hidup dan bertumbuh dalam persekutuan serta Allah, dapat terwujud demi hormat dan kemuliaan nama Tuhan,” imbuhnya.
Pada kesempatan yang sama Sekda menyampaikan, kepada seluruh masyarakat lewat forum ini adanya berita-berita di koran bahwa pelantikan Bupati Nabire akan dilaksanakan pada tanggal 17 Pebruari mendatang karena adanya surat dari Menteri Dalam Negeri.
“Saya baru tanya kembali dari Jayapura kemarin dipandu oleh Gubernur bahwa hari ini baru akan dikoordinasikan ke Menteri Dalam Negeri jadi kepastianya belum ada jadi kita masih menunggu petunjuk  dari Gubernur,” katanya seraya mengakhir komentaranya, berharap kita meluruskan informasi yang berkembang di tengah masyarakat bahwa tanggal 17 Februari itu sudah laksanakan pelantikan Bupati Nabire.  (modes)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2