IPM Ranting Siriwini Gelar Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati 1

NABIRE - Dalam rangka menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan 1434 H, serta upaya memperkuat persatuan dan kesatuan antar pelajar se-Kabupaten Nabire, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Ranting Siriwini menggelar kegiatan pelatihan Kader Dasar Taruna Melati I selama 3 hari yakni tanggal 24 mei 2013 bertempat di Panti Asuhan Putri Siti Khadijah Kab. Nabire dan Madrasah Ibtidaiyah Al-Khaeraat Smoker.


Kegiatan Pelatihan Kader Dasar tersebut dibuka secara resmi oleh Pembina IPM Ranting Siriwini, Aswadi Hamid, yang dihadiri oleh para Ketua Remaja mesjid se-Kabupaten Nabire. Pelatihan Kader Dasar ini menghadirkan Master of Training (MOT), Warnoto Al Tubani yang merupakan Sekretaris Bidang Organisasi Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah Provinsi Papua.
Dalam acara pembukaan Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati I Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ranting Siriwini, Master Of Training (MOT), Warnoto Al Tubani menyampaikan bahwa pelajar pada saat ini sangat memprihatinkan dengan kehilangan karakter sebagai sosok yang memiliki kepribadian intelektual, maka sangat perlu diadakan perkaderan untuk menguatkan karakter pelajar. Selain itu, Warnoto berharap perkaderan ini menjadi penguatan dalam pribadi pelajar ditengah pesatnya perkembangan global dan tercipta kader yang benar-benar siap menjadi pelopor, pelangsung dan penyempurna amanah untuk kemajuan Kabupaten Nabire.
Pelajar adalah tiang Negara. Jika kuat dan kokoh pelajarnya maka akan kuat pula negaranya, namun jika lemah dan rapuh pelajarnya, maka akan runtuh dan tumbang pula negaranya”. Tambah Warnoto yang juga alumni SMA N 1 Nabire ini.
Sementara itu Pembina IPM Ranting Siriwini, Aswadi Hamid mengungkapkan bahwa pelajar adalah pemegang tongkat estafet kepemimpinan, sehingga generasi saat ini hendaknya melahirkan generasi pelanjut dari kalangan pelajar sebagai kader yang siap tampil sebagai pembaharu, pendidik, dan pelopor dalam setiap sendi-sendi kehidupan.
“Alangkah meruginya generasi saat ini apabila meninggalkan generasi mendatang dengan kondisi yang lemah dan tak mampu berbuat apa-apa. Hal itulah yang menjadikan dasar kuat pelaksanaan kegiatan Pelatihan Kade Dasar Taruna Melati I ini untuk menciptakan kader yang siap sedia, berdiri tegak, tampil didepan untuk masyarakat dan bangsa,” ungkapnya.
Disamping itu, Aswadi Hamid menegaskan bahwa pelajar memiliki ideologi yang kuat sebagai pemimpin, pelajar bukanlah sebagai pesuruh ataupun pekerja tetapi pelajar adalah perencana, pelaksana dan penentu hasil, sehingga diharapkan pelajar tidak hanya sebagai pembeo, namun jatidiri pelajar sebagai pioneer dalam kehidupan berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dimiliki.
“Pelajar adalah asset daerah yang memiliki peran dalam pembangunan daerah dimasa depan sehingga mari kita sama-sama untuk menjaa aset yang tak ternilai harganya ini,” ujar Aswadi Hamid.
Aswadi Hamid mengajak untuk menghadapi tantangan terhadap pembentukan opini yang senantiasa mengerdilkan, menyalahkan, menggembosi serta memojokkan sesuatu karena dapat membunuh karakter serta menguburkan cita-cita luhur.
“Jika kita kompak, saling mendukung, menjiwai kerjasama yang baik, melupakan perbedaan masing-masing maka kita akan selalu dapat mengatasi tantangan. Jika kita selami arti dari persahabatan, bersedia untuk berbagi, hidup akan lebih berarti dan kita akan melewati waktu mendatang dengan kebahagiaan,“ katanya.
Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati I Ikatan Palajar Muhammadiyah Ranting Siriwini, Nita Nurhidayati menyampaikan bahwa peserta berasal dari SMA AL Madinah Nabire, SMA N 3 Nabire, SMA Muhammadiyah Nabire, dan SMP Yapis Nabire.
“Materi inti yang disampaikan dalam kegiatan Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati I Ikatan Pelajar Muhammadiyah Ranting Siriwini diantaranya Tekhnik Persidangan, Ketauhidan, Kemuhammadiyahan, KeIPMan, Ibadah Praktis dan Keorganisasian. Disamping itu, adapula materi penunjang diantaranya Ta’aruf, Olah Visual, Rihlah dan Tadabbur Alam, “ terang Nita Nurhidayati
Nita Nurhidayati mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari Panti Asuhan Putri Siti Khadijah Smoker, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Al-Khaerat Smoker, Kepala Kepolisian Sektor Kota Nabire, Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah Nabire, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab. Nabire, Warga Sekolah, Pengelola Pantai Wisata Irio, serta semua pihak yang terlibat, sehingga kegiatan Pelatihn Kader Dasar ini dapat terlaksana dengan baik dan lancer. (iing elsa)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2