Sambut Nyepi 2017, PHDI Gelar Sejumlah Kegiatan

NABIRE - Dalam rangka memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939, tahun 2017, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Nabire, akan menggelar sejumlah kegiatan mulai 27 Maret hingga 5 April 2017 mendatang. Hal tersebut diutarakan Ketua PHDI Kabupaten Nabire, I Wayan Putru, kepada salah satu media online, Sabtu 25 Maret kemarin.


Dijelaskan I Wayan Putru, rangkaian kegiatan tersebut disusun pada rapat PHDI yang digelar Sabtu pagi kemarin. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu acara Melis dan Mecaru pada tanggal 27 Maret pukul 10.00 sampai dengan 12.00 WIT. Dilanjutkan dengan acara pengerupukan di hari yang sama pukul 14.00 WIT, disusul sembahyang di Pura Puja Dewata SP 1.
Selain itu juga akan dilaksanakan Pawai Ogoh-Ogoh masih di tanggal 27 Maret, dengan rute dari Pura Puja Dewata ke Kota Nabire melalui Kalibobo, melewati Bandara dan menuju Makodim 1705/Paniai, belok ke jalan Merdeka, melewati Pantai Nabire ke Kalibobo dan kembali ke Pura Puja Dewata.
Ditambahkan Wayan Putru, pada puncak perayaan Nyepi 28 Maret nanti, umat Hindu akan menggelar Brata Penyepian, berpuasa penuh selama 24 jam hingga 29 Maret 2017.
Menurut Wayan Putru, Brata Penyepian tersebut meliputi tidak bekerja atau beraktifitas, tidak menyalakan api, tidak berpergian dan tidak melaksanakan hiburan. Pada tanggal 29 Maret 2017, umat Hindu akan melaksanakan upacara Ngembak Geni, sekaligus kunjungan silaturahmi ke rumah sesama umat Hindu.
Dan pada tanggal 5 april 2017, umat Hindu akan melaksanakan kegiatan Darma Santhi di Pura Puja Dewata SP1, sekaligus merayakan Hari Raya Galungan yang menutup seluruh rangkaian kegiatan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939, tahun 2017 di Kabupaten Nabire ini.
I Wayan Putri selaku Ketua PHDI Nabire, juga mengucapkan selamat menyambut dan merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939 untuk seluruh umat Hindu di Nabire dan seluruh Indonesia. (wan/ist)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2