DAU, DAK, Otsus dan PAD Nabire 2012 Dievaluasi

NABIRE - Dalam rangka evaluasi kegiatan pembangunan yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Otsus dan bersumber dari Pendapat Asli Daerah (PAD) tahun anggaran 2012, Senin (2/9) siang kemarin Pemkab Nabire menggelar rapat koordinasi bersama.

 

Rapat yang dipimpin Wakil Bupati Mesak Magai, S.Sos, M.Si didamping Plt Sekda Nabire, Yohny Pasande yang berlangsung di Ruang Rapat Setda Nabire ini dihadiri para Kepala Bagian (Kabag), pimpinan SKPD, pejabat eselon II dan III dilingkungan Setda Nabire.

Pada kesempatan tersebut, Wabup Mesak dalam arahannya mengatakan evaluasi merupakan tahapan yang sangat penting dalam proses dan pelaksanaan pembangunan di daerah, baik fungsi pelaksanaan kegiatan fisik dan non fisik yang dilaksanakan masing-masing SKPD yang bersumber dari DAU, DAK, Otsus dan PAD  pada tahun 2012.

Lanjutnya, laporan pengunaan dana di SKPD tahapan Triwulan I, II dan III belum dapat dikatakan berhasil dengan baik, dari pelaksanaan pembangunan fisik maupun non fisik dan pada kesejahteraan masyarakat yakni dalam konteks pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat, infrastuktur yang berhubungan dengan banyak sektor belum pula terlaksana maksimal. Oleh karena itu, kita perlu evaluasi kembali, khususnya pengguna anggaran di masing-masing SKPD yang ada di daerah ini.

“Hasil laporan pelaksanaan kegiatan pembangunan tiap SKPD belum memenuhi hasil yang maksimal di tahun anggaran 2012, untuk itu selaku aparat di daerah dalam rangka menyukseskan dan terwujudnya visi dan misi daerah sebagaimana tertuang dalam dokumen RPJMD tersebut agar lebih serius dan tanggap terhadap pelaksanaan kegiatan dilapangan dan penyelapan anggaran sangat berpengaruh kelanjutan kegiatan triwulan berikutnya,” terang Wabup Mesak.

Mengingat, tambahnya, kita saat ini telah masuk pada triwulan ketiga di tahun anggaran 2013, dimana kondisi idealnya realisasi fisik dan keuangan sudah harus mencapai diatas 50 persen. Sehingga perlu dukungan semua pihak demi kelancaran pelaksanaan kegiatan pembangunan selanjutnya.

Demikian pula untuk dana Otsus  tahun 2012 di Kabupaten Nabire, hasil kegiatan pembangunan belum dirasakan sepenuhnya oleh kita. Hal ini menjadi pekerjaan besar bagi Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dalam pembangunan masyarakat khususnya Pemerintah Kabupaten Nabire tahun anggaran selanjutnya. (wan/modes humas)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2