20 Anggota Kelompok Tani Bibit Kelapa Sisandey Aktif Bekerja

NABIRE – Pantauan media ini Sabtu (7/9) langsung di Kelompok Tani perkebunan bibit kelapa Sisandey Worbak Kampung Nifasi, Distrik Makimi, terlihat aktifitas anggota kelompok untuk menyiapkan lahan kebun yang baru ditebang maupun penyiapan bibit yang langsung diatur pada areal pembibitan kelapa yang telah disiapkan bersama di atas lahan seluas dua hektar.


Hasil percakapan bersama ketua kelompok Tani Sisandey Worbak, M. Manuaron mengatakan, pekerjaan penyiapan bibit hingga pembersihan lokasi kebun menggunakan daftar absen.  Sehingga bagi anggota yang tidak hadir akan dipotong hitungan hari kerjanya.
Untuk saat ini telah dibagi ada kelompok yang langsung ditugaskan menebang lokasi kebun kelapa. Tetapi ada anggota lain lagi yang ditugaskan menyiapkan bibit yang baru didatangkan dari Manado (Sulauwesi Utara) untuk langsung lokasi pembibitan sambil menunggu proses pertumbuhan yang selanjutnya siap tanam.
Dari 36.000 buah bibit kelapa yang kini baru didatangkan dari Manado dan akan datang lagi 14.000 bibit, bukan semuanya ditanam pada lahan seluas 30 hektar ini.  Tetapi bibit ini akan dibagikan kepada masyarakat luas untuk ditanam.  Karena dari lahan atau kebun 30 hektar ini akan menjadi pusat perkebunan kelapa. Sementara yang dibagikan kepada masyarakat itu sebagai kebun kelapa tambahan.
Diharapkan pada masa-masa mendatang Nabire menjadi pusat pembibitan kelapa di wilayah Papua dan Papua Barat, selain Kabupaten Biak. Dengan demikian selain ada perkebunan pusat penyiapan bibit kelapa, juga ada penyangga–penyangga yaitu kebun-kebun masyarakat. Yang diharapkan tersebar di daerah ini agar tetap menjaga permintaan pasar kelak.(des)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2