Warga Mengeluh, Banyak Ruas Jalan Berlubang

NABIRE – Kondisi ruas jalan di beberapa titik di Kabupaten Nabire, diantaranya Jalan Patriot Karang Tumaritis dan Jalan Trikora Kotalama sampai ke daerah Kelurahan Kalibobo serta jalan-jalan lainnya di daerah perkotaan maupun pinggiran kota, rusak dan berlubang. Kerusakan jalan tersebut merata hampir di seluruh daerah perkotaan maupun pinggiran kota Nabira.


Terkait kondisi jalan ini, sempat dikeluhkan warga. Tak hanya itu, lantaran tidak ada kepastian perbaikan dari dinas maupun instansi terkait, sejumlah kelompok warga beberapa kali mengambil langkah inisiatif untuk melakukan perbaikan ala kadarnya.
Perbaikan-perbaikan yang dilakukan warga masyarakat dan beberapa kelompok anak muda ini dengan cara menambal beberapa titik pada ruas jalan-jalan yang berlubang dan rusak tersebut dengan campuran semen dan pasir maupun hanya ditutup dengan pasir dan berbatuan lainnya.
Beberapa warga sempat ditemui media ini, secara umum sangat berharap adanya langkah perbaikan dari pemerintah melalui dinas terkait. Seperti terang seorang warga yang enggan namanya dikorankan kepada media ini kemarin. “Kondisi jalan yang rusak dan berlubang di beberapa titik, seperti di daerah tikungan Kotalama – Pantai Nabire ini semestinya harus segera diperbaiki oleh pemerintah,” terangnya.
Dana pembangunan dan perbaikan banyak baru, terus kata sumber tadi, dana-dana yang ada untuk masyarakat itu dikemanakan?. “Kami masyarakat ini hanya bisa diam saja, kasih tinggal pemerintah yang lihat. Om wartawan to, coba tulis di koran kah biar dinas dan kantor PU mereka tau, dana-dana untuk daerah banyak baru dong tidak bisa perbaiki jalan yang rusak kah,” tanya sumber ini dan sama yang diharapkan warga lain yang ditemui terpisah.
Kami minta dan berharap melalui media ini agar segera ada langkah-langkah perbaikan, supaya rusaknya jalan-jalan ini tidak bertambah melebar. “Syukur-syukur kalau Dinas PU Nabire bisa lihat ini dan ditangani langsung jalan-jalan yang berlubang dan mulai rusak berat sekarang,” kata seorang pengendara sepeda motor yang mengenal wartawan media ini ketika melintas dan sempat berhenti dipertigaan jalan Trikora – GOR Kotalama Nabire kemarin.
Sementara itu, pantauan media ini selama beberapa hari kemarin ada sekitar puluhan bahkan ratusan titik ruas jalan di wilayah Nabire, khususnya daerah perkotaan dan pinggiran Nabire mengalami kerusakan, baik ringan dan berat serta berlubang mirip kolam ikan ketika dan habis hujan. Kerusakan jalan-jaln tersebut hampir merata di seluruh Nabire. Jalan rusak dan berlubang di wilayah ini diketahui telah menjadi penyebab beberapa kasus kecelakaan lalu lintas. Selain itu jalan rusak dan berlubang dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas.(wan)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2