Prestasi Tak Dapat Dicapai Tanpa Antusias

NABIRE  –Tepatnya tanggal 15 September 2015, SMU Negeri 1 Nabire memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-35. Peringatan tahun ini dengan sorotan tema, “Prestasi Tak Dapat Dicapai Tanpa Antusias.” Peringatan HUT ke-35 ini lebih banyak difokuskan kepada berbagai macam olahraga sebagai ajang persahabatan bersama beberapa sekolah yang diundang untuk turut memeriahkan secara bersama.


“Kita bersyukur kepada Tuhan Maha Esa, SMU Negeri 1 Nabire yang telah berusia 35 tahun ini kita tetap eksis dalam pelayanan proses belajar dan mengajar ini sehingga kita meraih prestasi yang gemilang diantara sekolah lainnya,” kata Kepala SMU Negeri 1 Nabire, Drs. Matheos Laleb, M.Pd., Minggu (15/9).
Prestasi tak dapat diraih tanpa antusias, dapat menekankan bahwa prestasi  dari para siswa maupun para pendidik di SMU Negeri 1 Nabire ini tidak dapat diraih dengan mudah. Tidak juga mendapatkannya dengan cuma-cuma, atau tidak juga dapat begitu saja. Namun prestasi itu dapat diraih dengan persaingan ketat, dan secara sehat dalam proses belajar oleh para siswa maupun proses mengajar oleh para pendidik. Terutama persaingan belajar diantara siswa, maupun persaingan antara para pendidik dalam memberikan materi pelajaran kepada siswa didiknya.
Kata Laleb, antusias belajar maupun mengajar juga diimbangi dengan perhatian serius para orang tua siswa di sekolah SMU Negeri 1 Nabire. Sebab tanpa ada perhatian yang serius dari berbagai unsur maka prestasi ini tidak dapat diraih.
“Yang dimaksudkan dalam tema peringatan HUT SMU Negeri 1 ini lebih menekankan tentang bagaimana memperoleh prestasi adalah dengan cara perhatian, keseriusan, belajar keras, membaca buku, dan aktif dalam proses belajar mengajar.  Sebab itu semuanya merupakan bagian dari prestasi,” kata Laleb.
Selain itu, dirinya juga bangga bahwa siswanya sering kali mendapatkan juara pada perlombaan olimpide sains antar daerah maupun nasional selama ini.  Dan juga banyak siswa alumni SMU Negeri 1 Nabire juga telah menjadi pemimpin pemerintahan maupun swasta.  Bahkan ada yang menjadi angkatan darat, kepolisian, dan lolos masuk diperguruan tinggi yang langka seperti kedokteran, farmasi, keuangan, penerbangan.
Pada tahun mendatang, dirinya bersama para pendidik di SMU Negeri 1 telah berkomitmen memacu proses belajar dan mengajarnya lebih meningkat.  Bukan prestasinya menurun, tetapi prestasinya akan meningkat dari metode pembelajaran sebelumnya.
Lanjut Laleb, bertepatan dengan HUT Negeri 1 Nabire, akan diresmikan laboratorium biologi dan laboratorium komputer yang dihibahkan oleh pemerintah pusat. Dengan sarana dan prasana yang ada ini lebih memacu untuk meningkatkan prestasi para siswa maupun para pendidik di sekolah ini.
Wakil Kepala sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, sekaligus sebagai ketua panitia penyelenggara HUT SMU Negeri 1 Nabire, Sofyan Ismail, S.Pd., menjelaskan, dalam rangka memeriahkan HUT ini pula lebih banyak mengadakan perlombaan baik dibidang pendidikan tekonologi maupun dalam berbagai jenis ketrampilan olahraga lainnya.
“Seperti jalan santai, pertandingan bola volley antara SMU se-Kota Nabire, bola basket, lomba karaoke, lomba kuliner khas Papua, futsal, catur, gaple. Hal ini digelar sebagai ajang persahabatan, dan para pemenang telah disiapkan hadiah yang menarik dari sekolah, maupun dari para donatur,” jelas Ismail.
Ditambahkan, prestasi tak dapat diraih tanpa antusias ini akan tercipta apabila adanya sarana dan prasarana pendidik SMU Negeri 1 Nabire yang memadai.  Sebab dengan kelengkapan fasilitas menjadi tolak ukur pelayanan pendidikan. (Now)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2