Majukan Sektor Pendidikan, Dinas Pendidikan Berikan Apresiasi Kepada PT. Nabire Baru

NABIRE - Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire memberikan apresiasi kepada PT. Nabire Baru, dimana dengan keprihatian yang luar biasa terhadap dunia pendidikan di wilayah Kabupaten Nabire. Terlebih khusus kepada wilayah yang berada di Kampung Wami, Sima, Jaya Mukti, Yaro Makmur dan Wanggar Pantai. PT. Nabire Baru telah membuat suatu terobosan baru, memberikan pelatihan khusus bagi kepala sekolah dan guru yang berada di wilayah tersebut. Dilaksanakan “One Day Training” penguatan potensi guru dan kepala sekolah yang berlangsung, Kamis (3/10), di SMP Negeri 1 Yaur.     


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan Nabire, J. M. Ramandey, S.Pt., M.Si dalam sambutannya saat membuka  “One Day Training” Peguatan Potensi Guru dan Kepala Sekolah, mengatakan, program tersebut merupakan program kerjasama antara pihak PT. Nabire Baru dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire, untuk memajukan dunia pendidikan di wilayah Nabire.
Program tersebut bukan hal yang gampang, ketika suatu perusahaan swasta mau menggandeng Dinas Pendidikan untuk bersama-sama memajukan pendidikan. Dinas Pendidikan sangat berterimakasih kepada PT. Nabire Baru yang mau memberikan secara cuma-cuma kepada sektor pendidikan. Terutama kepada para kepala sekolah dan guru suatu hal yang mungkin jarang dijumpai dan hampir sangat sulit ditemui. Karena pada prinsipnya banyak sektor swasta atau perusahaan swasta yang lebih banyak beroriantasi pada sektor kemajuan bisnis semata, tanpa melihat sisi lainnya.
Kata dirinya, PT. Nabire Baru sangat tanggap terhadap apa yang terjadi di wilayah tempat usahanya beroperasi. Sektor pendidikan menjadi prioritas utama ketika ingin memajukan suatu daerah, termasuk di dalamnya memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di lingkungan sekitar.
Hal inilah yang sebenarnya pantas dicontoh oleh perusahaan-perushaan lainnya yang ada di wilayah Nabire pada khususnya dan Papua pada umumnya. Karena untuk memajukan pendidikan disuatu wilayah perlu didukung oleh faktor biaya. Terus terang, pemerintah sendiri tidak mampu membiayai semua kebutuhan pendidikan yang sangat bermutu.  
“Dinas pendidikan sangat butuh dukungan dan kerjasama dari semua pihak, termasuk pihak swasta. Dan hal ini tidak menyalahi aturan, karena menurut landasan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, bahwa penyelenggaraan pendidikan itu adalah kerjasama antara pemerintah dan swasta. Swasta dalam arti luas, bisa dalam bentuk badan hukum seperti perusahaan, bisa juga dalam bentuk masyarakat dan yayasan,” tuturnya.
Menurutnya, suatu usaha itu akan berjalan dengan baik, jika iklim masyarakat di wilayah tersebut kondusif. Baik dari segi faktor keamanannya maupun kesejahteraan atau faktor ekonomi masyarakat sekitar. Dirinya sangat berharap kepada para kepala sekolah dan guru untuk, program “One Day Training” Penguatan Potensi Guru dan Kepala Sekolah, mejadi inspirasi bagi para guru. Karena secara tidak langsung PT. Nabire Baru sudah menolong dunia pendidikan saat ini. Dirinya yakin, pihak perusahaan maupun para guru yang ada di wilayah Nabire, terlebih khusus yang ada di wilayah Wami, Sima, Yaro, Wanggar Pantai punya kesamaan persepsi, yakni mau memajukan pendidikan, menuju pendidikan yang bermutu dan berkualitas.
Dirinya berharap, para kepala sekolah dan guru bisa mengimplementasikan apa yang didapat melalui program ini, dan maju dan mundurnya pendidikan saat ini ada ditangan para Guru. Dan hal tersebut, harus dipertanggungjawabkan oleh setiap para Guru yang setiap hari mengajar didepan kelas. Baik dan buruknya, berhasil dan tidaknya seorang murid ada di tangan para Guru, saat memberikan pelajaran didepan kelas. Dengan perkembangan dunia yang semakin canggih saat ini, diharapkan setiap Guru, harus cepat dan mampu menjadi jembatan penyebrangan bagi para Siswa. (cad)   

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2