Semua Masyarakat di Papua Punya Hak Sama Dapat Dana Bantuan Otsus

NABIRE - Semua masyarakat yang ada di Tanah Papua mempunyai hak yang sama untuk dapat bantuan dana Otonomi Khusus (Otsus) yang diberikan pemerintah. Selama ini semua kegiatan pertanian yang dibiayai dengan dana Otsus telah berjalan bagi semua petani. Dan telah dirasakan pemanfaatannya serta diawasi langsung untuk berjalan dengan baik.  Dan pengawasan itu dilakukan bagi semua kelompok tani yang ada di wilayah Kabupaten Nabire.


Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Nabire, Yasor Victor Sawo, SP, M.Si, saat pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) kegiatan Pelatihan Penerapan Teknologi Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Kakao, Padi dan Jagung yang diikuti 30 orang petani, 5 orang PPL dan 3 orang kepala kampung.
Diharapkan kepada para petani yang juga pada saat ini sebagai peserta Bimtek, untuk diikuti secara baik dari awal hingga akhir. Dan kepada panitia maupun penyaji juga diharapkan melaksanakan Bimtek ini dengan baik. Dan akhirnya membawa kesan yang baik, baik itu dari awal pembukaan hingga penyajian materinya.
Dan di dalam kegiatan–kegiatan pertanian yang dilakukan selama ini dan ada kesalahan, baik itu di lapangan maupun di kantor, kita masih mempunyai kesempatan untuk melakukan perubahan–perubahan untuk menuju kepada arah yang lebih baik. Untuk itu semua kelompok tani diharapkan membuat jadwal. Karena lewat Sekolah Lapangan Pengendalian Tanaman Terpadu (SL-PTT) kita akan lebih banyak belajar di sana.
Karena lewat SL-PTT para petani akan lebih banyak belajar untuk Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Sehingga dapat mengurangi hama yang menyerang tanaman kita. Dengan demikian Bimtek ini akan memberikan bimbingan secara langsung dan kedepan para petani sudah bisa langsung dibimbing oleh para PPL di tingkat kelompok masing–masing.(des)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2