Dispora Akan Gelar Sayembara Pembentukan Kabupaten Nabire

NABIRE - Dinas Kebudayaan Pemuda Olah dan Parawisata Kabupaten Nabire rencananya akan menggelar sayembara pembentukan Kabupaten Nabire kepada kalangan masyarakat luas Nabire mulai dari tingkat anak hingga dewasa.
Rencana kegiatan sayembara ini paling cepat akan dilaksanakan pada tahun 2012 atau dan paling lambat tahun 2013 mendatang. Dengan harapan, semua pihak diberikan kesempatan mengikuti sayembara untuk menceritakan apa yang diketahui tentang Kota Nabire awal dibangun.


“Diharapkan kepada peserta sayembara untuk menceritakan pengetahuannya tetang Kota Nabire dan menyebutkan tahun Kota Nabire dibangun serta menunjukan bukti apa yang dibangun pertama kali di Nabire untuk diketahui oleh semua pihak,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olah dan Parawisata Kabupaten Nabire, Ham Nawipa, SKM kepada Papuapos Nabire, Rabu (21/11) di ruangan kerjanya.
Lanjutnya, sayembara lahirnya pembangunan Kabupaten Nabire sejak awal ini sangat penting. Sebab kita ketahui bersama bahwa kabupaten/kota lain yang ada di wilayah tanah Papua ada bekas–bekas peninggalan pembangunan zaman penjajah seperti Belanda dan Jepang di tanah ini.
Namun secara keseluruhan Kabupaten Nabire secara resmi dibangun oleh pemerintah Republik Indonesia. Sehingga kita selaku penerus pembangunan Nabire diharapkan untuk mengingat dan mencatat kapan Kabupaten Nabire (Paniai, red) dibangun.
Agar kelak apa yang kita peroleh lewat sayembara awal pembangunan Nabire, bukan saja menjadi ingatan kita. Tetapi diharapkan generasi muda Nabire di masa yang akan datang terus mencatat ini sebagai bagian dalam hidupnya.
Cita-cita Dinas Kebudayaan Pemuda Olah Raga dan Pariwisata ini ingin menjual sejumlah potensi pariwisata Nabire ke dunia luar. Namun sebelumnya paling tidak para wisatawan harus mengenal dulu asal mula kemajuan dan pembangunan Nabire secara menyeluruh.
Sebab orang akan mengenal Nabire lebih jauh dan lebih dekat tentang potensi pariwisata, apabila dirinya sudah mengenal Nabire dari awal pembangunan. Untuk itu sayembara Nabire akan menjadi penting demi mewujudkan Nabire kota wisata yang senang dan minat dikunjungi para turis mancanegara. (des)

Comments   

 
0 #2 inditelematika 2013-02-21 09:32
salam dan turut mendukung demi kemajuan nabire tercinta, thanks
Quote
 
 
-1 #1 Master 2013-02-11 12:41
tes
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2