Dalam 3 Tahun, PLN Rayon Nabire Alami Peningkatan 100 Persen

NABIRE - Sejak hadirnya PT. PLN di Kabupaten Paniai (kini Nabire, red) hingga bulan Oktober 2010, jumlah pelanggan baru mencapai 13.000 dengan beban puncak 6.800 KW. Namun dalam bulan Oktober 2010 sejak hadirnya Manihar Hutajulu sebagai manager PT. PLN Rayon Nabire hingga saat ini bulan November 2013 (tiga tahun) jumlah pelanggan listrik sudah mencapai 26.000 atau mencapai 100 persen dengan beban puncak 12.800 KW.

 

Dengan demikian PLN Rayon Nabire mengalami peningkatan kelistrikan. Rata–rata pertumbuhan kelistrikan pertahun 33 persen. Diperkirakan pada tahun 2014 PT. PLN Rayon Nabire akan menyambung sekitar 7.000 pelanggan baru dengan asumsi pertumbuhan 27 persen.

Maka PT. PLN Rayon Nabire harus segera menyelesaikan, pertama, tanah untuk pembangunan PLTM Kalibumi. Agar tahun 2014 pembangunan ini harus dimulai. Kedua, tanah pembangunan PLTU 2x7000 KW yang terletak di lokasi Kalibobo segera diselesaikan.

“Apabila hal tersebut di atas tidak bisa terselesaikan pada bulan Desember 2013, maka pertumbuhan kelistrikan di Nabire akan mengalami devisit atau kekurangan daya pada tahun 2014 dan tahun 2015 mendatang,” kata manager PT. PLN Rayon Nabire, Manihar Hutajulu kepada Papuapos Nabire, Kamis (28/11) di ruangan kerjanya.

Karena hingga saat ini pertumbuhan kelistrikan di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat termasuk di dalamnya PLN Rayon Nabire mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Apabila rencana PLTM dan PLTU bisa terealisasi, maka kelistrikan yang saat ini masih isolatif (terpisah dari pembangkit Nabire) bisa di gried seluruhnya seperti listrik desa (Lindes) Topo, Napan dan Makimi serta Lindes lainnya.

Maka keuntungan atau harapan bagi masyarakat Kabupaten Nabire dan sekitarnya dari sisi perekonomian akan segera mengalami peningkatan dengan masuknya investor-investor. Yang selanjutnya menyerap tenaga kerja dan investor tersebut tidak ragu menanamkan modal di Nabire, apabila ketersediaan daya listrik yang dibutuhkan bisa dilayani oleh PLN. (des)

 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2