Abner Kalem Berharap Perempuan Mendominasi Kursi DPRD Nabire

NABIRE – Anggota DPRD Nabire yang sudah menjabat selama 3 periode, Abner Kalem, berharap agar kaum perempuan bisa mendominasi kursi DPRD Kabupaten Nabire periode berikut. Karena selama ini, menurut Abner, kaum perempuan tidak pernah diberikan peluang, dan ini merupakan bagian dari kegagalan kita.

 

“Saya bilang ada kegagalan karena laki-lagi egonya yang terbawa, baik itu ketika mengatur keluarganya maupun mengatur pekerjaannya. Dari situ saya lihat Partai Hanura punya konsep dan pandangan di tahun 2014 ini agar perempuan bisa mendominasi di kursi DPRD Nabire,” ujar Abner Kalem kepada media ini, di Kantor DPRD Nabire, Rabu (27/11) kemarin. 

Menurut pandangan Abner Kalem, ada kemungkinan lewat kaum peremuan ini bisa menghindar dari hal-hal yang negative seperti praktek KKN maupun praktek kepentingan. 

“Menurut pandangan saya, banyak hal positif yang bisa diambil ketika perempuan bisa mendominasi di kursi DPRD.  Kalau perempuan yang bicara kan itu dari hati yang bersih,” menurut Abner Kalem. 

Lebih lanjut dikatakan, selama 3 periode dirinya duduk di kursi DPRD Nabire, dari kepemimpinan yang berbeda-beda, ada hal-hal yang masih harus diperbaiki agar pemerintahan ke depan lebih baik lagi. Dengan dominasi kaum perempuan di gedung DPRD Nabire, diharapkan bisa mempengaruhi pemerintahan agar lebih baik lagi ke depannya.

“Saya mengajak ke semua partai politik untuk melihat secara jernih persoalan ini. Soal pengaruh perempuan sudah bisa kita buktikan. Contoh kecil saja, kepemimpinan seorang bupati/walikota, gubernur hingga ke presiden, tentu ada pengaruh dari kaum perempuan dalam hal ini istrinya. Pada tahun 2014 ini, Partai Hanura mau supaya prempuan harus mendominasi,” tegasnya. 

Sepanjang sejarah belum pernah mencatat dominasi kaum perempuan di gedung DPRD Nabire. Untuk mencapai jumlah setengah dari jumlah anggota DPRD pun hingga sejauh ini belum pernah terjadi. Kini, ketika semua partai politik telah mengakomodir keterwakilan perempuan 30 persen dari jumlah Calegnya, kesempatan ini diharapkan bisa mengantar kaum perempuan untuk mendominasi kursi di DPRD Nabire. (ros)

 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2