Penerapan KPE dan SAPK On Line, Disosialisasikan

NABIRE - penerapan Kartu Pegawai Elektronik (KPE) dan System Aplikasi Pelayanan Kepagawaian Secara On–line (SAPK on-line) serta Peraturan Pemerintah nomor 46 tahun 2011 tentang penilaian prestasi kerja, disosialisasikan. Kegiatan ini dipusatkan di aula Kantor BKD Nabire, Kamis (5/12) dibuka oleh Bupati Nabire diwakili oleh Asisten II Setda Nabire, Ir. Sukadi.

 

Dalam sambutannya disampaikan, ntuk meningkatkan efektifitas pelaksanaan administrasi kepegawaian dalam mendukung pelaksanaan tugas dan tanggung jawab PNS kedepan, maka berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) nomor 7 tahun 2008, tentang kartu identitas PNS elektronik, merupakan keharusan untuk dimiliki oleh masing–masing PNS sebagai pengganti kartu pegawai (Karpeg).

Perlu kita ketahui bersama, penerapan KPE adalah program pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN). Juga merupakan tugas dan tanggung jawab kita semua selaku PNS. Diharapkan dukungan dan partisipasi kita semua agar program ini dapat terlaksana dengan baik, lancar dan sukses.

Sosialisasi yang dilaksanakan ini, memiliki arti penting bagi setiap PNS. Sebab penerapan KPE selain berfungsi sebagai pengganti Karpeg, juga akan mempermudah pelayanan administrasi kepegawaian yang menyangkut transaksi keuangan. Sebab KPE memuat data Askes, Taspen, Bapetarum dan data perbankan. 

Dalam rangka meningkatkan akurasi database PNS untuk keperluan perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian PNS, dan terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknokogi yang semakin pesat saat ini, penerapan KPE diharapkan memperoleh beberapa manfaat. Antara lain, pertama, meningkatnya pelayanan dibidang kepegawaian. Kedua, meningkatnya hubungan pemerintah dengan dunia usaha sebab informasi mudah diperoleh. Ketiga, tersedianya informasi yang mudah diakses oleh pns untuk dapat mengambil keputusan yang tepat dan benar. Keempat, pekerjaan akan lebih efektif dan efisien. Kelima, meningkatnya transparansi pemerintah. Keenam, adanya informasi dengan perkembangan tekhnologi pendukungnya menjadi wahana penting dalam memasuki era globalisasi dan keterbukaan dalam hidup dan kehidupan masyarakat. Dan masih ada manfaat lainnya yang akan kita dapatkan.

“Penerapan KPE sangat sesuai dengan visi dan misi Kabupaten nabire, yaitu penguatan kapasitas kelembagaan aparatur pemerintah maupun non pemerintah,” tuturnya.  

Tugas kita yang penting selaku PNS saat ini, adalah bagaimana mensukseskan keberhasilan program KPE. Karena akan memberikan pilar yang kokoh dalam meningkatkan kepastian hukum, hak PNS dibidang administrasi kepegawaian.  Sekaligus memberikan landasan yang kuat dalam pelaksanaan sistem administrasi kepegawaian yang lebih teratur, tertib dan tertata secara berkelanjutan. 

Mengingat pentingnya kegiatan ini, kepada para peserta diharapkan mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tekun. Karena saudara-saudari memiliki peran dan tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu, setelah mengikuti kegiatan ini agar disosialisasikan kepada seluruh PNS yang ada di daerah ini, melalui SKPD masing–masing.

“Atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Regional IX BKN Provinsi Papua, atas terlaksananya kegiatan sosialisasi ini. Dengan harapan dapat terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi kita semua, khususnya pegawai negeri sipil yang ada di daerah ini,” tambah bupati. (ros)

 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2