BPPPA dan KB Nabire Gelar Pembekalan Peningkatan Pelayanan KHIBA

NABIRE – Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (BPPPA) dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Nabire gelar pembekalan peningkatan pelayanan Kualitas Hidup Ibu, Bayi dan Anak (KHIBA) yang bisa disebut pula dengan kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB). 

 

Kegiatan yang juga merupakan program nasional yang dibuka oleh Bupati Nabire, Kamis (5/12) siang ini adalah merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaraan dan ketrampilan serta sikap ibu dan anggota keluarga lainnya dalam membina tumbuh kembang Balita secara baik. Demikian terang Kepala BPPPA dan KB Nabire, Yufinia Mote, S.Si.T saat ditemui media ini diruang kerjanya kemarin.

Dijelaskan, kita telah bentuk 48 kelompok BKB dan kedepan akan lebih banyak lagi kelompok-kelompok BKB yang lain, kenapa begitu? Tanya ibu Yufinia seraya menambahkan pada kesempatan ini perlu kami sampaikan apa itu BKB, tujuan program BKB dan siapa yang menjadi sasaran BKB serta manfaat BKB bagi Balita dan keluarga.

BKB, jelasnya, adalah upaya untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaraan dan ketrampilan serta sikap ibu dan anggota keluarga lainnya dalam membina tumbuh dan berkembangnya Balita secara baik. “Tujuan untuk meningkatkan peran ibu dan anggota keluarga dalam rangka membina tumbuh kembang Balita dengan rangsangan secara baik sesuai umur anak,” tambahnya.

Dalam membina Balita, seyogyanya kelompok BKB menitik beratkan pada, pembinaan orang tua dan anggota keluarga lainnya yang mempunyai Balita, membina tumbuh kembang Balita, menggunakan alat bantu dalam hubungan timbal balik antara orang tua dan anak dan perlakuan orang tua yang tidak membedakan anak laki-laki dan perempuan.

Dalam merangsang tumbuh kembang Balita mempunyai banyak cara dan alat bantu yang biasa kita sebut alat permainan edukatif yang merupakan suatu alat permainan atau sarana untuk membantu merangsang aspek perkembangan anak, sehingga anak dapat berkembang se oprimal mungkin sesuai bakatnya.(wan)

NB :

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2