Pemanfaatan Laboratorium Pengujian Mutu Material Disosialisasikan

NABIRE - Sosialisasi pemanfaatan laboratorium pengujian mutu material, dan tata cara penerbitan izin usaha jasa kontruksi digelar, Rabu (18/12) kemarin. Kegiatan digelar di Aula DPU, dibuka oleh Plt. Sekda Nabire, Drs. Johny Pasande mewakili Bupati Nabire. Kegiatan ini dihadiri para pejabat SKPD serta para peserta lainnya.  

 

Sambutan bupati yang dibacakan Sekda Pasande, mengatakan, kegiatan ini terasa lebih bermakna sebab pelaksanaannya dalam suasana Natal. Seluruh umat Kristiani sedang menyongsong perayaan hari kelahiran Sang Juru Slamat Tuhan Yesus Kristus tanggal 25 Desember.  Semoga Natal membawa kedamaian antar sesama manusia. Kegiatan ini pula dapat berjalan dengan aman lancar dan terlaksana dengan baik.

“Kita perlu menyiapkan pelaku-pelaku pembangunan infrastuktur yang berkompeten dan juga menjadi perpanjangan tangan bagi pencapaian mutu pembangunan infrastruktur. Disamping itu, kita juga sebagai pelaku-pelaku pembanguan infrastruktur harus dapat memiliki dedikasi yang tinggi serta memahami betapa pentingnya peranan laboratorium dalam pembangunan infrastruktur,” paparnya.

Dituturkan, pembangunan infrastruktur belum berjalan maksimal karena kurangnya informasi dan pemahaman tentang kualitas mutu pembangunan infrastruktur tersebut. Sehingga tak jarang juga terjadi kegagalan konstruksi.

Untuk mewujudkan pekerjaan konstruksi yang berkualitas dalam pembangunan nasional yang berwawasan lingkungan serta untuk menghindari terjadinya kegagalan bangunan kontruksi yang mengakibatkan kerugian atau gangguan terhadap keselamatan  umum, perlu menetapkan peraturan daerah tentang pemanfaatan penggunaan laboratorium pengujian Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nabire. Dalam hal ini diharapkan peran dan keterlibatan dari laboratorium pengujiaan yang bertujuan bukan hanya memperpanjang umur kontruksi. Tetapi juga meningkatkan kualitas pekerjaan sebagai bagian dari pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan bagi peserta agar dapat memanfaatkan kegiatan ini. Sehingga dapat memahami bagimana pentingnya kualitas pekerjaan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan kepada semua stakeholder terkait bisa lebih memanfaatkan pengujiaan dan laboratorium sebagai kontrol uji mutu dalam setiap perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan infrastruktur di Papua dan Nabire pada khususnya. 

UPTD Laboratorium Dinas PU Provinsi Papua, Libertus Namony, A.md. T mengatakan, peralatan laboratorium Kabupaten Nabire bisa mendukung karena 50% sudah ada. Tinggal pemerintah daerah, DPRD dan para pejabat daerah  perlu konsultasi, koordinasi, bekerja sama mengawasi dan mengontrol ke lapangan. Kepada para tenaga pekerja agar infrastruktur jalan, jembatan dan bangunan diharapkan bisa bermutu dan tahan lama kualitasnya.

Lebih lanjut dikatakan, pembinaan dan pemanfatan sumber daya manusia yang baik, terampil, terlatih serta berdaya guna merupakan suatu upaya yang secara terus menerus ditingkatkan. Karena sumber daya manusia sudah merupakan suatu hal penting di dalam pelaksanaan pembangunan. Sehingga pemerintah daerah harus mampu mengelola semua potensi yang ada.  Sekaligus melaksanakan pembangunan disegala bidang, namun tetap berpedoman pada peraturan yang berlaku.

Diharapkan peserta sosialisasi pemanfaatan laboratorium dan tata cara penerbitan izin usaha jasa kontruksi dapat menyadari pentinya kualitas suatu pekerjaan di lapangan sesuai standar spesifikasi yang direncanakan.

Peserta pelatihan terdiri dari utusan instansi terkait dalam hal ini  Bappeda, Inspekturat, Bagian Hukum, Bagian Pembangunan, BPBG, Dinas Perhubungan Nabire, beserta mitra kerja bidang ke-PU-an. Jumlah peserta lebih kurang 100 orang. (Modes)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2