Pengumuman CPNS Tunggu Keputusan Menpan

NABIRE - Pengumuman Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Nabire masih menunggu keputusan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan). Hal demikian diungkapkan Bupati Nabire, Isaias Douw,S.Sos., Kamis (16/1) dalam acara coffee morning Kapolres Nabire, Muspida Nabire dan tokoh lintas agama.


Kepada media, seusai kegiatan, Bupati Douw menegaskan bahwa sesuai dengan permintaan Gubernur dan Para Bupati se-Papua dan Papua Barat untuk segera mengumuman hasil test CPNS, namun hingga saat ini belum ada informasi yang diterima dari Menpan.
“Hingga saat ini kami masih menunggu informasi dari Gubernur Papua yang mengkoordinir informasi dari Menpan Kapan pengumuman itu dilaksanakan.Kami masih menunggu informasi itu sehingga kami di Kabupaten Nabire juga belum tahu kapan kepastian hasil test CPNS baik umum maupun honorer diumumkan, kapab informasi dari Menpan ke Gubernur dan kami masih menunggu informasi dari Gubernur,” tandasnya.
Dikatakan Bupati Douw, untuk penerimaan CPNS tahun 2013 masih menunggu petunjuk dari Menpan dan Gubernur, hingga saat ini belum jelas.
Kata Bupati, sejauh ini juga belum ada petunjuk apakah pengumuman itu akan langsung dilakukan di Kementrian Pendayaan Aparatur Negara ataukah akan diserahkan kepada daerah.
“Kami sudah dua kali menhadap Menpan untuk mencari kejelelasan, namun belum juga dapat kepastian, bagaimana mekanismenya apakah dilaksanakan oleh Kemenpan atau nanti kita didaerah yang mengumumkan,” ujarnya.
Namun, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, dirinya meminta kepada Menpan agar pengumuman CPNS, baik itu kategori umum maupun Honorer  untuk Papua  dan Papua Barat dilaksanakan secara serentak.
“Jadi saya minta kepada para pelamar untuk sabar menunggu keputusan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara,” ungkapnya.
Terkait jumlah CPNS khusus Kabupaten Nabire, Bupati Nabire Isaias Douw mengatakan semuanya berjumlah 120 orang.
Terangnya, itu setelah dirinya selaku Bupati Nabire dan Kepala BKD menghadap Menpan, namun ditolak, setelah verkali-kali menghadap akhirnya fiberi 84 orang, namun karena Bupati merasa terlalu sedikit akhirnya kembali menghadap dan Menpan mengabulkan dengan menambah 50 orang.Tetapi karena banyak yang tidak daftar sehingga pada akhirnya penerimaan hanya sekitar 115-120 orang saja yang akan diumumkan.
“Sebagai Bupati, saya akan terus berjuang agar jatah untuk Kabupaten Nabire lebih banyak lagi dan diterima sebagai PNS,” ujarnya.
Dalam kesempatan itu Bupati Douw mengatakan bahwa dalam hal penerimaan, pihaknya tidak akan melihat siapa pelamar tetapi itu diserahkan kepada Pusat dalam hal ini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.


Instruksi Menpan, Kuota CPNS 2014 Ditambah

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar menginstruksikan supaya kuota CPNS 2014 lebih besar dibanding periode 2013. Alasannya adalah banyak kuota CPNS baru 2013 yang tidak terisi.
Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (KIP) Kemen PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, kuota rekrutmen CPNS 2013 ditetapkan sekitar 65 ribu.
“Setelah seluruh tahap seleksi dilaksanakan, ternyata tidak seluruh kuota itu terisi,” kata pejabat hasil lelang jabatan itu kemarin.
Herman mengatakan bahwa instruksi dari Menteri PAN-RB sudah jelas, yakni meluncurkan kuota CPNS yang tidak terserap tahun lalu ke seleksi CPNS 2014 ini. Dari total kuota CPNS 2013 sebanyak 65 ribu, hanya terisi sejumlah 58.796 kursi saja.
Sehingga masih ada kursi sisa sebanyak 6.200-an kuota. Dengan asumsi kuota CPNS baru tahun depan tetap 65 ribu dan mendapatkan tambahan 6.200 kursi dari luncuran periode 2013, berarti kuota totalnya mencapai 71.200 kursi.
Meskipun begitu mantan kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Olahraga Kabupaten Sumedang itu menegaskan, jumlah kuota CPNS 2014 secara pasti sampai sekarang belum ditetapkan.
Dia menegaskan bahwa penetapan jumlah kuota itu disesuaikan dengan kebutuhan formasi CPNS baru di instansi pusat maupun daerah. Selain itu penetapan kuota CPNS baru tahun ini juga mempertimbangkan kesehatan fiskan negara.
Herman menjelaskan secara umum sistem seleksi CPNS 2013 sudah berjalan dengan baik. Sehingga tidak ada perubahan drastis mulai dari alur usulan formasi hingga pelaksanaan ujian.
Seperti instansi yang mengajukan formasi CPNS baru, wajib menyampaikan hasil analisis jabatan (anjab) dan analisis beban kerja (ABK). Melalui dua dokumen itu panitia pelaksana nasional (panselnas) seleksi CPNS 2014 bisa mengetahui persis kebutuhan pegawai di masing-masing instansi.
Menurut Herman proses teknis rekrutmen CPNS 2014 bakal mulai dijalankan Maret mendatang. Diantaranya adalah mulai membuka usulan formasi dari instansi pusat maupun daerah. Dia juga menuturkan tes CPNS 2014 ini fokus diisi oleh pelamar umum. Belum ada rencana untuk diperebutkan juga oleh pelamar dari tenaga honorer. (iing elsa/ros)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2