Jelang Pemilu 2014, Polres Nabire Apel Gelar Pasukan

AddThis Social Bookmark Button

NABIRE - Menjelang Pemilu Legislatif dan Pilpres yang akan dilaksanakan bulan April 2014 dan Juli 2014, Kepolisian Resor Nabire, Selasa (4/2) pukul 16.00 Wit, di Taman Gizi Oyehe, melaksanakan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014. Apel Gelar Pasukan dengan sandi Operasi “Mantap Brata” diikuti seluruh personil TNI/Polri, Linmas dan Sat. Pol PP. Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2014, Kapolres Nabire, AKBP. Tagor Hutapea, S.Ik., M.Si., Kajari Nabire, T. Banjar Nahor, SH., Wakil Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos., M.Si., Wakapolres Nabire, Kompol. Albertus Andreana, S.Ik., Kasdim 1705/Paniai, Mayor Inf. Imam Wibowo, Wadanyon 753/AVT, Dansubden POM Nabire, Kapten CPM. Didin, Danden Zipur 12/OHH yang diwakili Pasi Ops Denzipur 12/OHH, Kapten Suyanto, Kasat Pol. PP, Nicolas Ambrauw, para pimpinan partai politik, KPU, Panwaslu, serta sejumlah perwira dari jajaran TNI/Polri di wilayah Kabupaten Nabire.

 

Bertindak sebagai inspektur upacara pada apel gelar pasukan dalam rangka operasi “mantap brata” pengamanan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014, Wakil Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos., M.Si, yang dipimpin oleh Komandan Upacara, IPDA. I Made Sudarma. Dalam amanat Kapolri, Jenderal Polisi, Drs. Sutarman yang dibacakan Wakil Bupati Nabire, Mesak Magai, S.Sos., M.Si mengatakan, apel konsolidasi gelar pasukan yang diselenggarakan di seluruh kesatuan kewilayahan Indonesia, dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait, sebelum diterjunkan ke lapangan. Dengan demikian diharapkan, semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal, dalam rangka mensukseskan pengamanan Pemilu 2014.

Kata Kapolri, kehidupan demokrasi di Indonesia telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi.  Serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan.

Sehubungan hal itu, kita melihat proses pendewasaan demokrasi sedang      berlangsung yang dimulai dari tahap transisi demokrasi. Dengan melakukan pembelajaran terhadap setiap prinsip-prinsip demokrasi, melalui penguatan dan pematangan dasar-dasar dalam kehidupan berdemokrasi, menuju konsolidasi demokrasi hingga tahap pemantapan demokrasi. Pada tahap pemantapan demokrasi, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ditandai dengan akuntabilitas pemerintah, tegaknya supremasi hukum, kuatnya partisipasi masyarakat dalam politik, kepatuhan masyarakat terhadap hukum, serta terselenggaranya Pemilu yang aman dan demokratis.

Menurut Kapolri, berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945, Pemilu merupakan wujud keikutsertaan seluruh rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan negara. Di samping itu, Pemilu adalah sarana demokratis untuk menyampaikan aspirasi rakyat, dalam rangka membentuk sistem negara yang legitimate dan berkedaulatan rakyat. Sehingga pemerintahan dan pimpinan nasional yang lahir dari hasil Pemilu, merupakan kehendak rakyat, dan dijalankan sesuai dengan keinginan rakyat.  

Lanjutnya, mengingat arti penting dan strategisnya Pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintahan dan pembangunan dalam mencapai tujuan negara, maka pada konteks inilah Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri, berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2014. hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif, mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan penyelenggara Pemilu, TNI, Masyarakat dan mitra keamanan lainnya, agar pesta demokrasi pemilu 2014 dapat berlangsung aman, jujur, adil dan demokratis. dengan demikian diharapkan, pemantapan demokrasi dapat terwujud, serta menjadi landasan menuju Indonesia yang makmur dan sejahtera.

Kata Kapolri, perlu dicermati pada pelaksanaan Pemilu 2014 terdapat berbagai potensi kerawanan, yang memerlukan perhatian serius kita semua untuk diantisipasi sejak dini, agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan Pemilu 2014.

Berbagai potensi kerawanan tersebut, dapat terjadi dalam setiap tahapan pemilu berupa pelanggaran tindak pidana pemilu, termasuk tindak pidana umum, yang harus dapat dikelola dan ditangani oleh Polri secara profesional, transparan dan akuntabel. terkait tindak pidana Pemilu, Polri bekerja sama dengan Kejaksaan dan Bawaslu, diharapkan dapat mengoptimalkan peran sentra Gakkumdu, sehingga dapat menyelesaikan dengan tuntas setiap pelanggaran Pemilu yang terjadi. 

Diakhir amanatnya, Kapolri, Jenderal Polisi, Drs. Sutarman meminta kepada seluruh peserta Apel Gelar Pasukan untuk menjadikan Apel Konsolidasi ini untuk menyatukan tekad dan komitmen, dalam rangka mengawal dan mengamankan serta mensukseskan Pemilu 2014. semoga segala tugas pengabdian yang telah dilaksanakan, menjadi nilai ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Kuasa. Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi “Mantap Brata -2014” di wilayah Kabupaten Nabire, ditandai dengan pemasangan Pita pada perwakilan pengamanan Pemilu 2014, yakni TNI, Polri dan Linmas. (cad)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Implementasi Kurikulum 2013 dan Ketersediaan Guru di Papua
Selasa, 26 Agustus 2014
Oleh : Harry Nenobais       Belakangan ini para guru di Papua, termasuk di Nabire disibukkan dengan kegiatan pelatihan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 memang berbeda dari kurikulum sebelumnya yakni KBK 2004 dan KTSP 2006, karena itu agar para...
Pendidikan yang Bermutuh, Membentuk Karakter Bangsa
Senin, 11 Februari 2013
Oleh: Alexander Gobai Sumber daya manusia (SDM) merupakan hal yang penting dalam membangun sebuah bangsa. Berbicara tentang pembangunan adalah juga berbicara tentang sejauhmana kesiapan SDM yang berkualitas untuk membangun. Tanpa SDM yang cukup,...
BANNER TEST 280X200
1830218
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu Kemarin
Bulan ini
Bulan Kemarin
Semua
2258
4048
18205
966034
69103
119319
1830218

IP: 54.161.133.166
Server Time: 2014-09-19 13:48:15
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2