APBD Murni Nabire Diupayakan Tanpa Pinjaman dari Pihak Ketiga

NABIRE – Dalam rangka pencapaian opini pemeriksa keuangan atas Laporan Keuangan (LK) pemerintah Kabupaten Nabire yang baik dan guna peningkatan kesejahteraan serta pembangunan daerah, Bupati Isaias Douw, S.Sos berharap dan akan berupaya keras agar APBD murni Nabire tahun anggaran berjalan tanpa ada pinjaman dari pihak ketiga.

 

Kata bupati, dirinya sudah berjalan empat tahun memimpin Kabupaten Nabire. Dan pada tahun anggaran 2013, kita sudah upayakan untuk tidak ada pinjaman dari pihak ketiga dengan harapan pula tidak terjadi defisit anggaran.  

“Ini yang mungkin sama-sama kita harapkan, setiap SKPD harus menggunakan anggaran sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Terkait hal ini, jelas bupati lagi, Kabupaten Nabire saat ini masuk 10 besar secara nasional menyangkut pelaporan keuangan dan penggunaan APBD serta masuk urutan kedua se-Papua. Upaya ini dan dalam rangka mencapai peningkatan kualitas laporan keuangan daerah serta predikat dari penilaian/opini pihak badan pemeriksa keuangan, Pemkab Nabire berupaya menargetkan opini diatas tidak menyampaikan pendapat menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Untuk itu, tambahnya, semua pimpinan satuan kerja perangkat daerah harus dapat menggunakan anggaran yang ada secara baik, tepat sasaran demi kemajuan serta peningkatan pembangunan kesejahteraan masyarakat. 

“APBD itu uang negara dan dapat dikatakan uangnya masyarakat, jadi harus digunakan sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat. Pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dapat dicapai dengan keseriusan dan kerja keras semua pihak,” tandas Bupati Isaias seraya menambahkan tanpa adanya dukungan masyarakat pembangunan daerah tentunya juga tidak akan berjalan dengan baik.

Diakhir komentarnya, bupati kembali menegaskan tahun anggaran ini Pemkab Nabire berupaya keras untuk tidak adanya pinjaman dari pihak ketiga demi penyehatan anggaran pendapatan belanja daerah. Penggunaan anggaran harus efektif dan tepat guna.  Sehingga setiap pimpinan SKPD harus benar-benar menggunakan anggaran untuk kegiatan pembangunan yang berdaya dan tepat guna.(wan) 

 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2