281 Pelajar SMK N 1 Jurusan Pertanian Dapat Bantuan Biaya Siswa

NABIRE - Terhitung tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 281 pelajar Jurusan Pertanian SMK N 1 Nabire mendapatkan bantuan biaya siswa yang diterima per siswa sebesar Rp. 1.000.000 per tahun. Dana tersebut diterima sebanyak dua kali dalam satu tahun. Untuk 6 bulan pertama telah diterima Rp. 500.000.

 

Dana bantuan biaya siswa ini sebelumnya telah ada, namun jumlahnya hanya Rp. 780.000 per siswa pertahun. Namun pada tahun pelajaran 2013/2014 mengalami peningkatan lagi menjadi Rp. 1.000.000 pertahun per anak. Pembagian dana bantuan biaya siswa ini secara langsung diatur lewat juknis yang telah diatur oleh Direktorat Pembinaan SMK tahun 2013.

“Dana biaya siswa ini diberikan beserta juknis penyalurannya dan diharapkan siswa jurusan pertanian yang namanya tercantum punya hak untuk menerima dana tersebut,” kata Kepala SMK N 1 Nabire, Drs. Yustus Paisey kepada Papuapos Nabire, Rabu (12/2) via telepon genggamnya.

Karena tujuan dari biaya siswa ini untuk memberi peluang bagi lulusan SMP/MTs atau sederajat dari keluarga kurang mampu untuk mengikuti pendidikan di SMK, memberikan motivasi bagi siswa SMK yang mengikuti program Pertanian bidang atau Jurusan Agribisnis, Agroteknologi dan program study keahlian pelayanan. Selain itu, juga mencegah siswa SMK dari kemungkinan putus sekolah akibat kesulitan biaya pendidikan.

Sebagai kepala sekolah dan dewan guru SMK N 1 Nabire mengharapkan agar siswa-siswi jurusan pertanian yang dapat bantuan biaya siswa ini betul-betul digunakan sesuai kemanfaatannya antara lain, membeli buku dan alat tulis, membeli pakaian seragam, sepatu dan tas, transportasi dari rumah ke sekolah, uang saku dan juga membayar iuran bulanan sekolah.

Dari 281 pelajar jurusan pertanian yang mendapatkan bantuan itu masing-masing jurusan kompotensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan Holtikultura sebanyak 77 orang murid, jurusan Agribisnis Ternak Unggas sebanyak 91 orang, jurusan Agribisnis Perikanan sebanyak 58 orang murid dan jurusan Teknologi Pengolahan hasil Pertanian sebanyak 55 murid.(des) 

 

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2