Brimob Sisir TPN, Puluhan KK di Deyatei Mengungsi

PANIAI – Menyusul operasi penyisiran terhadap kelompok John Yogi di wilayah Deyatei, Kabupaten Paniai, dua hari lalu, ratusan warga setempat memilih meninggalkan rumah mereka karena ketakutan. Laporan dari pihak gereja, sedikitnya puluhan Kepala Keluarga (KK) yang mendiami empat kampung di Distrik Paniai Barat, mengungsi.
Disebutkan, sejak beberapa hari lalu, pasukan Brimob melakukan penyisiran terhadap kelompok TPN pimpinan John Yogi.
“Saat ini warga yang masih tinggal di empat desa itu hidup dalam ketakutan. Karena Brimob kejar TPN OPM yang ada di Waipa,” kata Tokoh Agama di Kabupaten Paniai, Pdt. Nikolaus Degei.


Warga merasa ketakutan karena menurut laporan yang diterima pihak gereja, pasukan aparat tiba di kampung itu dengan peralatan perang lengkap. “Melihat itu, masyarakat sekitar Waipa, Deyatei, Pekege, Totiyo dan sekitarnya itu langsung mengungsi,” katanya.
Pengungsian terjadi karena aparat mengejar kelompok John Yogi secara terang-terangan di depan mata masyarakat empat kampung itu. Sehingga masyarakat takut dan akhirnya mengungsi. Akibat terjadinya pengungsian, dia khawatir, masyarakat bisa jatuh sakit atau mengalami kelaparan di tengah jalan.
Sebelumnya, Brimob Kelapa Dua Jawa Barat melakukan pengejaran terhadap OPM di empat kampung itu sejak 7 Februari 2013. Sekitar pukul 17.00 WIT, terjadi kontak senjata. Hingga berita ini ditulis, belum diketahui ada tidaknya korban dalam aksi “baku tembak” itu. (you)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2