Dinkes Nabire Gandeng Dokter Mata Lakukan Yankes

NABIRE - Jumat dan Sabtu (14-15/2) lalu, Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire melakukan Bimbingan Teknik (Bimtek) dan Pelayanan Kesehatan (Yankes) di Kampung Yeretuar dan Bawei, Distrik Teluk umar. Rombongan yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan, Julian Agapa, A.Kp. M. Kes, turut serta dalam rombongan Kepala Bidang Yankes, Ones Bonai, A.Kp, M.Kes. Dinas Kesehatan pun menggandeng seorang dokter spesialis mata, dr. Sri Wahyuti, Sp.M.


Kabid Yankes, Ones Bonai yang didampingi Sri Wahyuti, saat mendatangi redaksi Papuapos Nabire, Rabu (19/2), mengatakan, pihaknya mengadakan Bimtek di Puskesmas Yeretuar dan Puskesmas Bawei selama 2 hari yang lalu sekaligus mengadakan kegiatan pelayanan kesehatan (Yankes) untuk masyarakat yang ada di dua kampung tadi. Salah satu pelayanannya adalah dengan memeriksa kesehatan mata.
Lanjut Ones, untuk pemeriksaan/layanan kesehatan mata ini sengaja menggandeng dokter spesialis mata asal Nabire. Seperti yang sudah kita duga sebelumnya, kasus yang berkenaan dengan mata terdapat juga di sana.
Sri Wahyuti, dokter yang menangani kesehatan mata di 2 kampung di Distrik Teluk Umar, mengatakan, setelah melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat di sana, banyak kasus yang berkenaan dengan mata. Seperti infeksi mata, katarak dan gangguan penurunan ketajaman penglihatan.
Menurut dokter yang buka praktek di Siriwini, bagi masyarakat yang matanya terinfeksi bisa langsung diobati pada hari itu juga. Namun bagi yang katarak atau yang mengalami gangguan ketajaman penglihatan harus ada rujukan untuk berobat.
“Untuk yang dua terakhir tadi kami ajukan rujukan untuk berobat lebih lanjut, karena kami tidak membawa peralatan. Kami sarankan untuk berobat atau memeriksakan matanya lebih lanjut di Nabire,“ kata Sri.
Selama 2 hari melakukan Bimtek dan Yankes, Puskesmas Bawei yang dulunya sebagai Puskesmas Pembantu (Pustu) kini dinaikan statusnya sebagai Puskesmas induk. Sementara dengan Yankes yang dilakukan dengan menggandeng dokter mata, sedikitnya ada 39 pasien berhasil diperiksa kesehatan matanya. (mus)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2