Kadin Perindagkop Resmikan Koperasi Mepago Papua Bangkit

NABIRE - Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang sedianya akan meresmikan Koperasi Konsumsi Mepago Papua bangkit berhalangan tiba di Nabire karena urusan dinas. Mewakili orang nomor 1 di Provinsi Papua tersebut, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi (Perindagkop) Provinsi Papua, Septianus Amadi meresmikan koperasi yang digagas dan didirikan oleh Hagar Aksamina Madai.


Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti dilanjutkan dengan melakukan peninjauan dalam ruangan koperasi.
Dalam laporannya, Ketua Koperasi Mepago Papua Bangkit, Yafet Iyai mengatakan bahwa koperasi itu digagas dan didirikan oleh Hagar Aksamina Madai.
Pusat koperasi tersebut berkedudukan di Nabire sebagai pintu masuk bagi 5 kabupaten lainnya, yakni Dogiyai, Deiyai, Paniai, Intan Jaya dan Kabupaten Mimika. Kedepan direncanakan akan dibangun unit-unit di 5 kabupaten tersebut.
Ungkapnya, keberadaan Koperasi Mepago Papua Bangkit diharapkan mampu untuk menampung 9 kebutuhan pokok alias Sembako yang akan didistribusikan bagi 6 kabupaten termasuk Nabire sendiri.
Disamping Sembako, Koperasi itu juga akan bergerak dalam bidang pengadaan barang-barang lainya yang menjadi kebutuhan masyarakat 6 kabupaten.
Menurut Ketua Koperasi, sumber dana untuk mendirikan koperasi itu berasal dari pendiri yaitu Hagar Aksamina Madai yang juga merupakan anggota DPR Papua.
Sementara itu Pendiri Koperasi Mepago Papua Bangkit, Hagar Aksamina Madai, dalam sambutanya mengatakan, pemberian nama koperasi diselaraskan dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yaitu bangkit, mandiri dan sejahtera.
“Saya melihat kondisi masyarakat Papua, saya melihat visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, bangkit, mandiri dan sejahtera.Oleh karena itu saya mendirikan koperasi ini agar masyarakat Papua mau bangun lalu bangkit, dan bekerja untuk mencukupi kebutuhanya tanpa bergantung pada orang lain alias mandiri guna mencapi sejahtera,” ungkapnya.
“Koperasi ini didirikan untuk memberdayakakan masyarakat Papua, namun untuk berdaya terlebih dulu kita harus bangkit dan bekerja keras,” ujarnya.
Berulang kali, Hagar Aksamina Madai,mengajak kepada masyarakat khususnya masyarakat Papua untuk bangkit dan bekerja.
“Mari kita bekerja untuk makan,mari kita buka lahan, buka kebun seluas-luasnya, sumber daya Papua begitu melimpah, mari kita bekerja, bekerja dan bekerja untuk kesejahteraan,” ajaknya.
Kepada Pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten khususnya dinas teknis yang membidangi koperasi, Hagar Aksamina Madai meminta agar selalu memberikan pendampingan, bimbingan teknis, permodalan, pelatihan-pelatihan bagi Koperasi Mepago Papua Bangkit.

Anggota DPRP Apresiasi Hagar Madai

Sementara itu, anggota DPRP, Yosefin Pigai memberikan apresiasi terhadap Hagar Aksamina Madai karena sebagai seorang perempuan telah mampu untuk mendirikian gedung untuk dijadikan sebagai koperasi, dimana hal itu tidak mudah dilakukan.
“Saya dua periode duduk di DPRP, namun saya belum mampu untuk mendirikan gedung semegah ini.Seorang perempuan yang masih muda mampu mendirikan ini dan berpikir bagaimana memberdayakan masyarakat Papua, ini sungguh luar biasa,” tuturnya.
Yosefin Pigai memuji bahwa Hagar Aksamina Madai anggota DPRP yang masih muda dan cerdas sehingga mampu menjadi seperti sekarang.
Dalam kesempatan itu, Yosefin Pigai, menitipkan Koperasi Mepago Papua bangkit kepada pemerintah baik provinsi maupun kabupaten khususnya instansi terkait dalam hal ini Dinas Perindagkop untuk selalu memperhatikan, memberikan bimbingan, pelatihan serta menganggarkan di APBD untuk koperasi itu.
Hadir dalam acara peresmian, Sekda Nabire, Jhoni Pasande, Dandim diwakili Kasdim 1705/Paniai, mayor Inf. Imam Wibowo, Kapolsek Nabire Barat, Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Nabire diwakili Kepala Bidang Koperasi, Pengurus Forum Komunikasi Perempuan Nusantara (FKPN) Kabupaten Nabire sejumlah tokoh baik masyarakat, agama, pemuda dan tokoh perempuan. (iing elsa)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2