SDN Inpres Kartum Gelar Upacara Hari Pramuka Ke-7

NABIRE - Di SD Negeri Inpres Karang Tumaritis dilaksanakan upacara pramuka ke-7, Sabtu (22/2) lalu. Kegiatan ini dibuka Sekda Nabire,  Drs. Jhony Pasande, turut dihadiri Muspida, ketua dan pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Nabire, para pembina gugus depan pramuka SD, SMP, SMA, SMK dan peserta lainya.


Sambuntan Bupati Nabire yang dibacakan Sekda Pasande, mengatakan, pramuka merupakan tigal pilar utama yaitu, olahraga pendidikan, olahraga rekreriasi, dan olahraga prestasi. Sehubungan dengan olahraga pendidikan maka perlu dilaksanakan olahraga di lingkungan baik dalam jam pelajaran maupun diluar jam pelajaran yang masuk ekstra kulikuler.
Lebih lanjut dikatakanm dengan disahkannya UU Nomor 12 tahun 2014 tentang gerakan pramuka mengamanatkan bahwa gerakan pramuka suatu organisasi kepemudaan yang mengembang visi misi daerah pendidikan. Diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam rangka melaksanakan pembangunan untuk lebih merapatkan barisan dan mengatuh gerak sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa hal ini perlu kita sadari.
Oleh karena itu, gerakan pramuka sebagai salah satu organisasi kepemudaan  hendaknya terus meningkatkan peran dan fungsinya. Terutama dalam meningkatkan semangat dan rasa kebangsaan solidaritas sosial serta pemahaman terhadap sejarah dan nilai–nilai budaya bangsa.
“Hal ini perlu kita sadari bahwa sejarah menunjukkan runtuhnya suatu bangsa diawali dari menurunnya semangat dan rasa kebangsaan serta semakin lunturnya akhlak dan budi pekerti kaum muda,” tegasnya.
Dengan memperingati upacara gerakan pramuka ini, kata bupati, dirinya yakin dan percaya bahwa gerakan pramuka yang memiliki peranan yang sangat srategis dan penting diharapkan melalui kegiatannya menjamin terbentuknya watak kepribadian dan akhlak mulia kaum muda. Sebagai wahana pendidikan karakter bangsa pengetahuan dan keterampilan yang akan menjadi bekal hidup dikemudian hari.
Di era pembangunan nasional saat ini yang ditandai dengan semakin kompleksnya berbagai permasalahan yang sekaligus menjadi kendala dan hambatan dalam pembangunan. Dengan demikian gerakan pramuka sebagai oraganisasi kepemudaan kiranya dapat lebih berperan dan berkiprah dalam menyukseskan pembangunan nasional. Terutama dalam mengatasi berbagai permasalahan kaum muda. Melalui pembangunan pendidikan gerakan pramuka hendaknya menjadi menghimpun atau sarana yang handal sebagai suatu instrumen yang dapat mempersatukan kita dengan segala perbedaan yang ada  baik suku bangsa maupun agama.
Dalam rangka lebih memperkokoh kedudukan dan peranan gerakan pramuka kedepan maka melalui upacara pramuka ke-7 ini hendaknya dapat kita maknainya dengan lebih meningkatkan berbagai kegiatan. Gna lebih mempertebal rasa persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang berkeadilan sejahtera makmur dan mandiri khususnya di Kabupaten Nabire.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pramuka, Oping Ardino Tandaju, S.Pd. MM mengatakan Baden Powell atau gerakan pramuka, upacara tadi berkaitan dengan pembentukan pengurus cabang gerakan pramuka Kabupaten Nabire ke-7 yang di Nabire dilaksanakan tanggal 22 kemaring sampai hari ini pukul 8 malam nanti. Yang kita bentuk di sini adalah badang pengurus ketua, sekretaris, bendahara dan seksi-seksi Diklat, Humas, sosial, kesehatan dan lain-lain.
Kegiatan pramuka juga mulai dari hari Rabu pemilihan Ketua Dewan Cabang atau disebut dengan buka mitra, kemudian dilanjutkan dengan perkemahan sudah mulai tanggal 21 sampai tanggal 23 nanti. Pertimbangan mitra karya untuk masyarakat yang lokasinya berada di SMP Negeri 5 Nabire. (modes)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2