Pengurus DPD KKDB Kabupaten Nabire Dilantik

NABIRE - Dewan Pimpinan Daerah Kerukunan Keluarga Daerah Barru (DPD-KKDB) Kabupaten Nabire resmi dilantik oleh Ketua DPW KKDB Provinsi Papua, H. Andi Anwar. Pelantikan itu yang dilaksanakan pada Sabtu (22/2) di Guest House itu berdasarkan pada SK DPW KKDB Provinsi Papua Nomor 01/SK/DPW-KKDB/Papua/2014.  


Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Surat keputusan DPW KKDB Provinsi Papua oleh sekretaris DPW KKDB, Drs.HM.Haidar Muharrar, dilanjutkan dengan pelantikan oleh Ketua DPW KKDB, H.Andi Anwar,  kemudian penyerahan bendera sebagai lambang KKDB diikuti penandatanganan pelantikan oleh Ketua DPW, Ketua Umum DPD KKDN Kabupaten Nabire, Umar Mustari Zul,SE dan dua saksi masing-masing Ketua KKSS Kabupaten Nabire, H.Suarno Madjid dan Asisten II Setda Kabupaten Nabire, Ir.Sukadi.                                  
Kepengurusan DPD KKDB Kabupaten Nabire yang dilantik terdiri atas Dewan Pelindung, Penasehat, Pengurus Harian dan 8 (delapan) bidang.
Dijajaran Dewan Pelindung, disamping Ketua DPW KKDB Provinsi Papua, adalah Bupati Nabire, Kapolres dan Komandan Kodim 1705/Paniai dan Ketua KKSS Kabupaten Nabire, sedangkan di Dewan Penasehat  salah satu nama yang masuk adalah HM.Ruslan Panunu.      
Sementara itu dijajaran dewan harian, Umar Mustaris Zul,SE dinobatkan sebagai Ketua Umum KKDB sekaligus akan menahkodai KKDB Kabupaten Nabire, dibantu H. Raswin, S.Hi., dan Muh. Ukkas sebagai Ketua I dan II.
Sekretaris Umum dijabat oleh H.Syahrul, dibantu Sekretaris I H.Bahar Latief dan Sekretaris II Hj.Fujiama Latief.       
Dalam menjalankan roda organisasi, jajaran dewan harain KKDB Kabupaten Nabire akan dibantu oleh 8 bidang masing-masing Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga, Pengembangan Usaha dan Koperasi (Usaha Dana), Kesejahteraan Sosial dan Kemasyaraktan,  Pendidikan dan Pengembangan SDM, Pemuda, SDM dan Olahraga/Perlengkapan, Kerohanian/Dakwah dan Bidang Hubungan Kemasyarakatan dan Keamanan.
Acara pelantikan Pengurus KKDB Kabupaten Nabire juga diisi dengan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dengan menghadirkan Da’i muda dari Makassar Sulawesi Selatan Ustadz Syahriadi Al-Bughisiy.
Disamping nama-nama yang telah disebutkan, hadir dalam acara tersebut, Anggota DPR RI, H.Jamaludi Jafar,SH.,MH., Kajari Nabire, T.Banjar Nahor,SH.,Kepala Kantor Penegakan hukum Kabupaten Barru Drs.Muhammad Ibrahim MZ, SP.,MH, diimana dalam acara tersebut menyampaikan sambutan tertulis Bupati Barru H.Andi Idris Syukur.
Hadir pula Ketua Dewan Pakar KKSS Kabupaten Nabire, Amirullah Hasyim,S.IP.,MM., Ketua PHBI Kabupaten Nabire,La halim,S.Sos., Ketua DPD KNPI Kabupaten Nabire, Norberthus Mote,SE.,M.Si., MPI KNPI Nabire, Paul Mote, sejumlah tokoh masyarakat, agama, pemuda dan tokoh perempuan.
Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana, syarief Rumfot mengatakan, tujuan pelaksanaan pelantikan juga agar memperkenalkan Kepengurusan DPD-KKDB Kepada Pemerintah Daerah sebagai mitra Kerja dalam pembangunan Kabupaten Nabire kedepan.
Unkapnya, acara Pelantikan yang dirangkaikan dengan acara Maulid Akbar merupakan kegiatan yang bersifat resmi dan sakral dalam bentuk upacara pengukuhan yang bernuansa agamis mengantarkan pengurus dan anggota DPD- KKDB Kabupaten Nabire sebanyak 59 orang terdiri dari badan penasehat  sebanyak 3 orang, pengurus harian sebanyak 8 orang dan anggota sebanyak 48 orang untuk mampu melanjutkan amanat organisasi melalui program peningkatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat sulawesi selatan asal kabupaten Barru di Kabupaten Nabire sebagaimana  Tema yang terpampang didepan kita yaitu “rebba sipatokkong, mali siparape, sirui mengre, tessirui nok, malili sipakainge, maingekpi mupaja” yang artinya adalah “kita tingkatkan kebersamaan untuk mencapai kualitas yang lebih baik”
Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua Umum KKDB Kabupaten Nabire terpilih, Umar Musatari Zul,SE menyampaikan, Kerukunan Keluarga Daerah Barru (KKDB) adalah organisasi yang terintegrasi dari pengurus daerah/DPD yang berkedudukan di tingkat kabupaten /kota, pengurus wilayah/DPW yang berkedudukan di provinsi dan pengurus pusat /DPP yang berkedudukan di Sulawesi Selatan.
Terangnya, Dewan Pimpinan Daerah Kerukunan Keluarga Daerah Barru, sampai saat ini telah
menghimpun warga sebanyak 562 kepala keluarga asal kabupaten barru yang berdomisili di wilayah Kabupaten Nabire  dan sekitarnya.
Jelasnya, jumlah tersebut adalah jumlah yang sempat terdata dan tidak menutup kemungkinan lebih banyak dari pada itu.Ungkapnya, maksud dan tujuan menghimpun warga Kerukunan Keluarga Daerah Barru di Nabire adalah untuk menjalin tali silaturahim, kebersamaan, kesepahaman, untuk mencapai kualitas yang lebih baik antara warga masyarakat kabupaten barru dengan warga masyarakat yang ada di Nabire serta mempererat hubungan kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Nabire untuk membangun Kota Nabire yang kita cinta
Kabupaten Barru Bangun Pelabuhan Yang mampu Disandari Kapal Berbobot 60 Ribu Ton
Sementara itu, dalam sambutan tertulis Bupati Barru H.Andi Idris Syukur, Kepala Kantor Penegakan Hukum Kabupaten Barru, Drs.Muhamad Ibrahim MZ,SP.,MH mengatakan bahwa Pemerintah kabupaten barru telah membangun pelabuhan Curah Garongkong yang mampu disandari kapal dengan bobot 60 ribu ton.
Ungkapnya, dengan terbukanya jaringan transportasi laut pelabuhan penyebrangan Garongkong telah menghubungkan Kabupaten Barru dengan Kabupaten tanah Bumbu Kalimantan Selatan dan diagendakan untuk rute kabupaten Barru-Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur.Dan direncanakan pula rute ke Kalimantan Timur dan Dompu Nusa Tenggara. (iing elsa)

Add comment


Security code
Refresh

Ingin menulis artikel atau opini anda?

Segera kirimkan email ke alamat : redaksi[at]papuaposnabire.com
Tulisan anda akan kami muat pada harian Papuaposnabire

Makna Natal Bukan Dentuman Petasan
Kamis, 08 Desember 2016
HAMPIR setiap tahun bahkan terkesan menjadi sebuah tradisi bagi anak-anak dan remaja mengekspresikan perayaan Natal dengan keramaian petasan dan dentuman meriam rakitan. Di kota yang berbukit seperti Jayapura, kaum remaja menggemahkan dentuman...
Potensi Emas Alluvial, Elluvial di Nabire Belum Dimanfaatkan Efektif
Senin, 21 Maret 2016
Oleh : Marthen AgapaSEJAK lama daerah ini (Nabire) dikenal dengan kota emas, potensial dan daerah mineralisasi. Daerah lain bisa mengenal kota Nabire, karena potensi emas yang terkandung didalam perut bumi, tetapi kini tinggal simbol daerah tanpa...
BANNER TEST 280X200
YM: Redaksi 1
YM: Redaksi 2
Redaksi 1
Redaksi 2