Home Pemda Dogiyai Tuntas, Dogiyai Wujudkan 73 Kakam Lewat Pilkam Serentak

Tuntas, Dogiyai Wujudkan 73 Kakam Lewat Pilkam Serentak

suroso  Senin, 2 Agustus 2021 6:36 WIT
Tuntas, Dogiyai Wujudkan 73 Kakam Lewat Pilkam Serentak

NABIRE – Tuntas sudah, Dogiyai wujudkan pemilihan Kepala Kampung secara langsung oleh warga melalui Pemilihan Kepala kampung Serentak. Dari 75 Kepala Kampung yang dipilih langsung oleh warga menyisakan dua kampung, karena bermasalah di kampung.

Sebelum dilaksanakan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkam) Serentak di Dogiyai, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Dogiyai, Damiana Tekege pertengahan tahun lalu menjelaskan, Pilkam Serentak yang akan dilaksanakan di Dogiyai sebanyak 75 kampung dari 79 kampung yang tersebar di Kabupaten Dogiyai. Empat kampung tidak diikutsertakan dalam Pilkam Serentak tahap pertama karena kepala kampung dari 4 kampung tersebut masih ada sisa masa jabatan 1 tahun. Ketika selesai masa jabatannya, akan dilaksanakan pemilihan kepala kampung di kampung yang tersisa.

Damiana Tekege menyebut, 4 Kepala kampung yang masih sisa masa jabatan setahun yakni Kepala Kampung Modio dan Yegoukotu di kawasan Mapia dan dua kampung lagi di kawasan Lembah Kamuu.

Sumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Dogiyai, pekan lalu menuturkan, pelaksanaan Pilkam serentak di Kabupaten Dogiyai, sebanyak 75 kampung. Namun, dua  kampung ditunda karena masih bermasalah saat pemilihan kepala kampung sehingga pelantikannya bakal ditunda.

Menurut sumber yang ikut mengawasi pelaksanaan Pilkam Serentak ini menjelaskan, pelaksanaan Pilkam di setiap kampung aman dan terlaksanakan dengan baik. Masyarakat memilih kepala kampungnya sendiri. Hanya ada dua kampung yang ribut saat pemilihan sehingga bermasalah dan belum selesai, pelantikannya bakal ditunda.

Ia menambahkan, dua kampung yang bermasalah pemilihan Kepala Kampung Abouyaga di kawasan Mapia dan Kampung Nuwa di kawasan Lembah Kamuu.

Pelaksanaan Pilkam serentak yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai sesuai dengan amanat Undang Undang tentang Desa. Pemilihan Kepala Kampung di Dogiyai dilaksanakan oleh Panitia Pilkam Serentak yang dipimpin Nason Pigay. 

Mengakhiri Pilkam Serentak tahap pertama di Kabupaten Dogiyai,  73 Kepala Kampung terpilih hasil Pilkam Serentak, Bupati Dogiyai, Yakubus Dumupa, Jumat (30/7) lalu di Moanemami telah melantik dan mengambil sumpah janji kepada 73 Kepala Kampung se Kabupaten Dogiyai. (ans)

suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
*) Oleh : Akbar Muram Dani, S.IP.*
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Menuju sdm Pemilu Yang Tangguh
suroso  Kamis, 17 Maret 2022 22:52
Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
PAW Anggota KPU Deiyai, Dilantik
suroso  Selasa, 22 Maret 2022 23:11
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan