Home Papua Penggelaran LKS SMK Untuk Jawab Kebutuhan Dudi

Penggelaran LKS SMK Untuk Jawab Kebutuhan Dudi

suroso  Senin, 9 Agustus 2021 7:37 WIT
 Penggelaran LKS SMK Untuk Jawab Kebutuhan Dudi

JAYAPURA - Menjawab tenaga kerja di Dunia Industri (Dudi),  Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua mangasah sisawa melalui penggelaran Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menenga Kejuruan (LKS SMK) tingkat Provinsi Papua via dalam jaringan (daring) selama empat hari.

“Dari hari kamis, 4 Agustus lalu hingga hari ini, kami mengadakan LKS SMK tingkat provinsi Papua secara daring. Kegiatan dibuka dan ditutup oleh bapak kepala dinas di hotel Horizon Abepura, Jayapura,” kata Kepala Bidang Pembina SMK Dinas PPAD Provinsi Papua, Yulianus Kuayo kepada Papuapos Nabire, Minggu (8/8/21) kemarin.

Dikatakan Yulianus, LKS SMK adalah momen bagi 138 SMK yang tersebar dalam lima wilayah adat di Provinsi Papua untuk mendorong kualitas lulusan SMK sesuai dengan standar kebutuhan tenaga kerja di Dunia Industri (Dudi).

“Dalam loba ini, diikuti 57 siswa sebagai peserta dan ada guru yang mendampingi. Sedangkan dewan juri dari dunia usaha dan dunia industri di tanah Papua,” jelasnya.

Pada prinsipnya, Yulianus mengatakan, lomba tersebut dilaksanakan guna  memberikan ruang bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan otak (pengetahuan) melalui "teori" dan kemampuan serta kompetensi keahlian tertentu.  

“Iya melalui praktek dengan melatih kelincahan dan kecepatan mata, tangan dan indra lainnya, lalu mereka lihat bahan dan alat praktek baru siswa bisa tahu, kegiatan LKS SMK ini diarahkan ke situ,” sebut Yulianus.

Selain itu menurut Yulianus, lomba yang diselenggarakan pihaknya sebagai media penyampaian kepada dunia industri terkait standar kompetensi keahlian yang dimiliki oleh siswa SMK.   

“Ini penting agar lulusan siswa-siswi SMK ke depan bisa langsung di rekrut oleh dunia industri,” ujar Yulianus.

Lomba kompetensi ini tidak terhenti hingga di tingkat provinsi namun, dikatakan Yulianus, sebagai lomba berjenjang. Maka  yang terbaik akan dipilih untuk mewakili Papua dalam lomba LKS Tingkat Nasional, tahun 2021.

“LKS SMK sebagai lomba berjenjang dari tingkat sekolah, tingkat wilayah adat,tingakat provinsi dan nanti tingkat Nasional. kita memilih yang terbaik untuk mewakili Papua di lomba LKS Tingkat Nasional dalam tahun ini,”akunya.

Yulianus berharap kepada guru pendamping agar LKS SMK ini memjadikan sebagai ajang evaluasi diri, untuk melihat kelemahan dan kekurangan       untuk lebih meningkatkan kompetensi keahliannya  dalam mendidik siswa pada  masa mendatang.

“Mari kita saling bahu membahu memberikan dukungan kepada semua pihak, terutama siswa dan guru pendamping. Jangan kalah dari Covid, tetap jaga kualitas dan prestasi,” tutupnya .(eby)

Polling has no value
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Intan Jaya Masuk Level 2 Penerapan PPKM
suroso  Rabu, 11 Agustus 2021 22:17
Menangi PSU, Ini Pesan Mesak Magai
suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:10
Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Paslon Terpilih
suroso  Selasa, 3 Agustus 2021 21:31
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan