Home Pemda Dogiyai Wabup Dogiyai ‘Palang’ DAK Fisik Wilayah II

Wabup Dogiyai ‘Palang’ DAK Fisik Wilayah II

suroso  Senin, 27 September 2021 7:26 WIT
Wabup Dogiyai ‘Palang’ DAK Fisik Wilayah II

NABIRE- Wakil Bupati (Wabup), Kabupaten Dogiyai, Oskar Makai ‘palang’ pencairan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang membiayai kegiatan fisik di wilayah II Dogiyai. Kepada kontraktor yang ditunjuk Bupati Dogiyai untuk pekerjaan fisik di wilayah II agar tidak mengerjakan fisiknya. Semua pekerjaan fisik yang dibiayai dengan DAK di wilayah II diminta untuk dihentikan.

Oskar menilai tugasnya untuk mengatur pekerjaan fisik di wilayah II, sesuai dengan memo yang diberikan Bupati  kepada Wakil Bupati. Bupati Dogiyai dinilai tidak menaati kesepakatn antara Bupati dan Wakil Bupati, awal Mei lalu dan Bupati Yakubus Dumupa mengambil alih penunjukkan kontraktor untuk pekerjaan fisik  di wilayah II tanpa sepengetahuan Wabup Oskar Makai.

Wakil Bupati, Oskar Makai kepada wartawan di Nabire, Sabtu (25/9) mengatakan seluruh kegiatan fisik yang dibiayai dari dana DAK di wilayah II Dogiyai yakni di dataran Mapia-Piyaiye dihentikan. Karena, penunjukkan kontraktor untuk menangani kegiatan fisik yang dibiayai dengan DAK tahun 2021 di wilayah II Dogiyai dilaksanakan secara sepihak oleh Bupati, Yakobus Dumupa dengan tidak menghargai kesepakatn sebelumnya antara Bupati dan Wakil Bupati di kediaman Bupati Dumupa di Kumupugi.

Oskar mengatakan, selama 3 tahun lalu, dirinya tidak pernah menggangu masalah penunjukkan kontraktor untuk pekerjaan fisik di Kabupaten Dogiyai. Semuanya diatur oleh Bupati Dumupa. Tetapi memasuki tahun ke 4 dan 5 tahun kepemimpinan Dumupa-Makai, Wakil Bupati meminta Bupati agar menyerahkan kewenangan penunjukkan pembagian kegiatan fisik di wilayah II Dogiyai. “Saya tidak ganggu selama 3 tahun supaya bupati mengatur dan membagi kepada mitranya yang membantu saat Pilkada lalu. Tetapi untuk tahun ke 4 dan 5, saya minta untuk mengatur kegiatan fisik di wilayah II supaya dapat membalas jasa pihak ketiga saat Pilkada lalu. Jadi Bupati tidak hanya oleh calon bupati tetapi saya sebagai calon wakil juga ikutserta sehingga bisa terpilih. Karena itu, Bupati juga menghargai saya di tahun ke 4 dan 5 supaya sama-sama bisa mengatur,” tuturnya.

Wabup Oskar mengungkap, sudah ada penunjukkan oleh Bupati Dumupa kepada Wabup untuk mengatur kegiatan fisik di wilayah II, tetapi Bupati sendiri lalai atas memonya. “Suratnya sudah ada dan itu diberikan saat pertemuan antara Bupati dan Wakil Bupati, setelah dari DPRD Dogiyai minta pertemuan khusus antara Bupati dan Wakil Bupati. Suratnya sudah ada itu, tanggal 7 Mei 2021” ungkap Oskar sambil memperlihatkan memo Bupati Dogiyai.

Dengan memo tersebut, Oskar menilai Bupati Dumupa sudah memberikan kewenangan kepada Wabup Oskar untuk mengatur kegiatan fisik di wilayah II Dogiyai.

Dengan nada kesal, Wabup Oskar mengatakan, sekalipun sudah ada memo ternyata, Bupati telah menunjuk kontraktor untuk menangani kegiatan fisik di wilayah II Dogiyai, tanpa koordinasi dengan Wabup. Oleh sebab itu, Wabup Oskar menyetop pekerjaan fisik yang dibiayai dana DAK di wilayah II Dogiyai.

Oleh sebab itu, Wabup Oskar menegaskan, akan memalang kegiatan fisik di wilayah II yang dibiayai dengan DAK. Kepada siapapun yang menangani kegiatan fisik di wilayah II, Oskar meminta untuk dihentikan.

Untuk memperjelas perseteruan ini, oskar mengaku sudah berulang kali menghubungi Bupati Dogiyai, Yakubus Dumupa melalui telepon selulernya, namun tidak pernah dijawab. Bahkan lewat ajudan pun tidak pernah dijawab. Kalaupun telepon genggamnya berdering, namun tak pernah direspon.

Oleh sebab itu, Wabup Oskar meminta wartawan untuk memuat nomor kontaknya, 082122890611, agar dengan membaca nomor kontaknya ini, Bupati Dogiyai menghubungi wakilnya untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Oskar meminta wartawan untuk memuat nomor kontaknya karena ia menilai masalah ini harus segera dicari jalan keluarnya agar dana DAK tahun ini bisa dimanfatakan tahun anggaran ini sesuai peruntukan. Jika tidak, dana DAK dari Dogiyai bisa kembali ke kas negara sehingga akan mempengaruhi penyaluran DAK tahun anggaran depan. (modes/ans)

Polling has no value
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Intan Jaya Masuk Level 2 Penerapan PPKM
suroso  Rabu, 11 Agustus 2021 22:17
Menangi PSU, Ini Pesan Mesak Magai
suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:10
Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Paslon Terpilih
suroso  Selasa, 3 Agustus 2021 21:31
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan