Home Pemda Dogiyai Wabup Dogiyai Minta Tipikor Audit Pinjaman dan Dana Covid-19

Wabup Dogiyai Minta Tipikor Audit Pinjaman dan Dana Covid-19

suroso  Selasa, 28 September 2021 7:0 WIT
Wabup Dogiyai Minta Tipikor Audit Pinjaman dan Dana Covid-19

NABIRE – Wakil Bupati Kabupaten Dogiyai, Oskar Makai meminta tipikor untuk memeriksa (audit) dana pinjaman ke Bank Papua tahun 2020 lalu sebesar Rp. 100 miliar dan penggunaan dana Covid-19 tahun 2020. Karena menurut dia, tidak jelas dana pinjaman sebesar Rp. 100 miliar dilaksankan kegiatan apa saja dan pertangungjawaban dana Covid-19 di Kabupaten Dogiyai.

Oskar Makai di Nabire, Senin (27/9) mengatakan, alasan peminjaman dari Bank Papua sebesar Rp. 100 miliar untuk penataan ibu kota di Moanemani. Tetapi, tidak jelas, kegiatan penataan apa saja yang dilaksanakan dengan dana pinjaman tersebut. Sebab, kenyataannnya, tidak ada kegiatan penataan di dalam ibukota di Moanemani.

Wakil Bupati Oskar menambahkan, demikian halnya dengan penggunaan dana Covid-19.  Dogiyai merupakan kabupaten zona hijau dalam penularan Covid-19 sehingga kebanayakan dana Covid, bila melampaui Rp. 30 jutaan ke atas. Sebagai daerah zona hijau, wajar apabila dana yang dibutuhkan untuk upaya pencegahannya di bawah Rp. 30 miliar.

Oleh sebab itu, Wakil Bupati Oskar Makai menilai penggunaan dua dana tersebut perlu diperiksa oleh tipikor yang melibatkan institusi penegak hukum. Karena, dana pinjaman dari bank tidak jelas kegiatannya apa saja dan besarnya dana penanganan Covid-19 di Kabupaten Dogiyai.

Pemotongan Dana ADK

Selain penggunaan anggaran pinjaman dari bank tahun lalu dan pertanggungjawaban dana Covid-19, Wakil Bupati Oskar juga mempertanyakan pemotongan dana bantuan kepada setiap kampung yang dilaksanakan tahun lalu.

Oskar menyebut, pemotongan dana ADK tahun lalu sebesar Rp. 20 juta setiap kampung untuk kegiatan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) langsung dan pelatihan kepala kampung serta biaya untuk operator sebesar Rp. 15 juta setiap kampung. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dogiyai membawahi 79 kampung.

Oskar mempertanyakan, apa landasan hukum pemotongan ADK tersebut, apakah sesuai dengan aturan atau instruksi dari pemerintah atas ataukah tidak ada dasar hukum yang memperbolehkan pemotongan ADK. (ans)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan