Home Pemda Dogiyai DPMK Dogiyai Gelar Rapat TEKAD, Damiana Tekege Tekan Kualitas dan Disiplin Kerja Dalam Pendampingan Program

DPMK Dogiyai Gelar Rapat TEKAD, Damiana Tekege Tekan Kualitas dan Disiplin Kerja Dalam Pendampingan Program

suroso  Kamis, 21 Oktober 2021 11:3 WIT
DPMK Dogiyai Gelar Rapat TEKAD, Damiana Tekege Tekan Kualitas dan Disiplin Kerja Dalam Pendampingan Program

MOWANEMANI- Guna menetukan kampung inti program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Dogiyai mengelar rapat koordinasi bersama Pendamping Program TEKAD dan empat Kepala Distrik yakni kepala distrik Kamu, Kamu Utara, Kamu Tengah dan kepala distrik Mapia. Di Moanemani, Selasa (19/10/21).

Rapat tersebut digelar guna menentukan masing-masing dua kampung inti dari empat distrik tersebut. Kampung inti yang ditentukan tersebut akan mendapatkan intervensi sepenuhnya dari program TEKAD dalam pengembangan Ekonomi kampung.

Kepala DPMK Kabupaten Dogiyai, Damiana Tekege,SH.MH dalam arahannya mengatakan, Ia sebagai pimpinan OPD  menyambut baik program dari pemerintah Provinsi mapun Pusat  termasuk program TEKAD maupun P3MD dana Desa. “apapun yang datang ke dogiyai dalam rangka membangun dan memberdayakan masyarakat Dogiyai, tak henti hentinya berdiskusi, bertukar pikiran, memfasilitasi seluruh mitra kerja kami,”ujarnya.

Apalagi kata Dia, salah satu misi yang  ditetapkannya dalam mendorong masyarakat kampung agar  mampu merencanakan, menganggarkan dan mempertanggungjawabkan sendiri  seluruh kegiatan pembangunan di kampung.

Oleh karena itu Damiana mengatakan, DPMK dan pendamping sama fungsinya dalam mendampingi dan mengajari (menjadi guru/pendidik)  tanpa mengintervensi.

Menurutnya,  Program  baik TEKAD maupun P3MD dana Desa hakekatnya diprogramkan Pemerintah karena ada maksud positif yang ingin dicapai yaitu memberdayakan masyarakat kampung hanya saja kwalitas, kejujuran dan disiplin para pelaku program dalam menjalankan fungsinya sering menjadi faktor penghambat.

“kalau kualitasnya mandek, tidak jujur, bekerja tidak menetap ditempat baik distrik atau di kampung yang ditugaskan bagimana mau melakukan pendampingan dalam realiasikan tujuan program-program tersebut. Saya  minta untuk tingkatkan kuwalitas, jujur dalam bekerja dan menetap di tempat tugas untuk jalankan pendampingan,”tegasnya. 

Terkait Program TEKAD, Damiana mengatakan, ada tantangan kedepan bagi pendamping dalam menjalankan fungsinya adalah bagimana bersikap, bertindak, dan bekerja mendampingi Kampung inti ini yang nantinya akan mendapatkan intervensi sepenuhnya dari program TEKAD dalam pengembangan Ekonomi kampung. 

“Jika pendamping tidak berperan aktif dalam menjalankan fungsinya, maka program tersebut pun akan sulit dalam mewujukan sesuai tujuan program TEKAD. Mendobrak sesuatu yang sudah berlangsung lama dan terstruktur itu sulit tetapi ada niat untuk memperbaiki sistem ini saja patut disyukuri,”pungkasnya. (eby)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Rabu, 19 Januari 2022 4:54
Menata Kabupaten Deiyai yang Lebih Baik
Kita sebagai warga Kabupaten Deiyai yang berpiir rasional dan ebyektif, kita semua pasti sepakat mengani tiga hal, yakni (1) Kita sedang mengalami krisis kepemimpinan dalam politik dan pemerintahan,

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan