Home Pemda Dogiyai UPTD SKB Gelar Pelatihan Jahit dan Olah Kue dari Ubi

UPTD SKB Gelar Pelatihan Jahit dan Olah Kue dari Ubi

suroso  Rabu, 24 Nopember 2021 1:17 WIT
UPTD SKB Gelar Pelatihan Jahit dan Olah Kue dari Ubi

DOGIYAI – Unit Pelayanan Terpadu Daerah, Sanggar Kegiatan Belajar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (UPTD SKB DIKPORA) Kabupaten Dogiyai, menyelenggarakan kegiatan pelatihan menjahit pakaian dan menjahit sol sepatu. Selain itu juga menggelar pelatihan pengolahan kue berbahan dasar ubi jalar. Kegiatan pelatihan berlangsung selama dua hari, terhitung dari tanggal 17 hingga 18 November 2021, di Aula SMP YPPK St. Fransiskus di Moanemani, Dogiyai. 

Dalam kegiatan pelatihan jahit dan olah kue berbahan dasar Ubi jalar, sebagai tutor atau penyaji materi pelatihan, dari UPTD SKB DIKPORA Dogiyai, Stevanus Iyai dan Maria Eria.

Kepala pelaksana UPTD SKB Dikpora Kabupaten Dogiyai, Stevanus Iyai, mengatakan, pelatihan jahit dan olah ubi jalar sangat membantu dan bermanfaat bagi ibu-ibu dan para pemuda untuk dapat dikembangkan melalui usaha–usaha sesuai materi pelatihan yang diperoleh. Sehingga pelatihan seperti ini sangat penting bagi masyarakat. Banyak hal yang bisa dikelola untuk memperbaiki ekonomi masyarakat dan kita tidak sadari selama ini.

“Kegiatan ini sangat penting. Ada banyak sekali hal di sekitar kita yang sebenarnya berguna tapi sering kita biarkan hanya karena kita tidak kreatif. Maka sudah saatnya masyarakat dibekali ilmu-ilmu seperti jahit sepatu, jahit pakaian dan membuat kue dari bahan ubi jalar untuk memperbaiki ekonomi masyarakat,” katanya. 

Dikatakan, pelatihan seperti ini kita tidak bisa biarkan masyarakat berkembang sendiri. Harus dibimbing terus hingga masyarakat juga mampu dan lebih mandiri menciptakan suatu karya yang diminati banyak orang. 

Oleh karena itu, dirinya berharap, dengan dibekali ilmu melalui kegiatan pelatihan seperti ini, masyarakat bisa berdiri di atas kaki sendiri. Dan lebih kreatif menghasilkan sesuatu dari bahan-bahan yang berada di sekitarnya. 

“Kita bagi ilmu dengan besar harapan masyarakat bisa lebih mandiri dan percaya diri untuk kembangkan kreativitas dari bahan-bahan yang ada disekitar kita,” harapnya. 

Sementara itu, Benny Goo, UPTD SKB Dikpora Dogiyai, menambahkan, SKB Dikpora Dogiyai melaksanakan pelatihan menjahit dan masak memasak. Untuk menjahit dibagi dua bagian yakni menjahit sol sepatu dan menjahit pakaian. Sedangkan memasaknya, masak kue dari berbahan dasar ubi jalar. 

Pendaftaran peserta pelatihan, dibuka bersamaan dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kelas Paket A, Kelas Paket B, dan Kelas Paket C. 

“Di dalam kegiatan pelatihan ini, setiap peserta dilatih untuk jahit sepatu, jahit pakaian dan olah kue dari ubi. Kelas ini juga dibuka bersamaan dengan penerimaan peserta didik baru kelas Paket A, B dan C,” ungkapnya. 

Oleh karena itu, dia berharap, sepulang dari pelatihan setiap peserta diharapkan melanjutkan sendiri agar bisa menjadi pengusaha kue dan penjahit.   

“Setelah ini mereka harus mandiri buka toko kue dan penjahit di masing-masing kampung,” harapnya.   

Disisi lain, menurutnya, pelatihan ini digelar untuk membangun kesadaran pendidikan non formal demi menghadapi pasar MEA dan pasar bebas dunia. (hbb/ist) 

suroso  Senin, 27 Juni 2022 0:2
Tindakan Kepolisian : SAKSI DIDUGA DIJADIKAN TERSANGKA TANPA CUKUP ALAT BUKTI (Studi Kasus Pengeroyokan, salah penanganan).
Dalam penegakan hukum positif di Indonesia terhadap berbagai kasus yang terjadi dari segi penanganan kasus tidak mengedepankan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 01 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian dan Standar Operasional Prosedur (SOP) baku yang berlaku dalam tubuh Kepolisian Republik Indonesia.
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
DPRD Dogiyai Tunda Undang Eksekutif
suroso  Selasa, 5 April 2022 19:9
Plt. Sekda Pimpin Apel Pagi Di Satpol PP
suroso  Jumat, 1 April 2022 0:6
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan