Home Nabire Dukcapil, Dinkes dan RSUD Tandatangani MoU Cakupan Akta Kelahiran

Dukcapil, Dinkes dan RSUD Tandatangani MoU Cakupan Akta Kelahiran

suroso  Selasa, 26 Maret 2024 1:1 WIT
Dukcapil, Dinkes dan RSUD Tandatangani MoU Cakupan Akta Kelahiran

NABIRE - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nabire menandatangani perjanjian kerjasama peningkatan cakupan Akta Kelahiran dan Imunisasi, Senin pagi (25/3/2024), bertempat di Aula Setda Kabupaten Nabire.


Kepala Dinas Dukcapil Nabire, Yulianus Pasang mengatakan, kenapa harus dipercepat untuk penandatanganan ini. Karena dari  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah ada penyampaian, bahwa untuk Dukcapil mulai dari pendataan penduduk, sebenarnya dari tahun sebelumnya kewenangan hanya di Dukcapil.


"Tetapi setelah tahun 2016, perintah dari Kemendagri dalam hal ini Direktur Dukcapil menegaskan, harus data yang ada di kementerian itu digunakan semua dinas-dinas, bahkan yang berbadan hukum," katanya.


Ditegaskan kembali, pada Permendagri 2019 itu diwajibkan untuk ada kerjasama, baik secara khusus untuk Dinkes dan rumah sakit saja, juga dinas-dinas lain atau OPD lain tidak bisa digabungkan, jadi nanti ada perjanjian tersendiri. Karena kalau dinas lain itu hanya melayani yang terkait," kata Yulianus Pasang.


Tambahnya, untuk melayani keterkaitan apa yang dibutuhkan dinas lainnya, seperti dinas pendidikan, pertanian, sosial dan seterusnya akan dilaksanakan perjanjian atau untuk penandatanganan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya dengan penuh sukacita, sehingga apa yang dilaksanakan hari ini betul-betul ditindaklanjuti.


"Bukan hanya untuk kelahiran saja, karena melihat di rumah sakit banyak, misalnya Kartu Tanda Penduduk (KTP), untuk mengurus masuk rumah sakit misal keluarganya, tetapi berkaitan dengan KTP, akhirnya tidak teratasi, pihak Dukcapil akan melakukan  perekaman KTP, pemberian KTP dan akta kelahiran di rumah sakit," ucap Yulianus.


Sementara itu di tempat yang sama, Bupati Nabire dalam sambutannya diwakili Asisten I Setda Nabire, La Halim, menyampaikan, bicara tentang data itu sangat penting sekali, karena dari data yang benar dan valid otomatis akan mencapai cara yang baik.


"Semua data-data kependudukan yang terkait tersebut bisa diupdate oleh siapa saja, oleh dinas mana saja, bahkan oleh lembaga mana saja, sehingga menjadi data yang utama tidak memberikan data yang berbeda-beda," pungkasnya.(sam)

suroso  Rabu, 15 Mei 2024 16:13
REKRUITMEN POLITIK DI TANAH PAPUA
Tentu kita semua ketahui bersama bahwa Rekruitmen Politik untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan kepala daerah. Untuk Papua tentu harus mendasari dengan ketentuan Pasal 28 ayat 3 dan 4 UU No 21 tahun 2001 jo UU No 2 tahun 2021 untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah,Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemilihan kepala daerah.
suroso  Kamis, 3 Agustus 2023 0:39
Mafia Tanah Adat di Papua Harus Dilawan
Masyarakat adat telah hidup pada wilayah adatnya masing masing sejak leluhur tanpa saling mengganggu, pada waktu lalu upaya upaya penguasaan kadang berakhir dengan konflik fisik, namun harus diakui juga terjadi juga migrasi dari satu wilayah adat ke wilayah adat lain, karena konflik dalam keluarga atau saat perang hongi.dll.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan