Home Papua Tengah DPMPTSP PPT Gelar Sosialisasi Usaha Sistem OSS RBA

DPMPTSP PPT Gelar Sosialisasi Usaha Sistem OSS RBA

suroso  Selasa, 28 Mei 2024 21:41 WIT
DPMPTSP PPT Gelar Sosialisasi Usaha Sistem OSS RBA

NABIRE - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Papua Tengah (PPT) menggelar Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha secara online melalui Sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA), bertempat di Aula RRI, Selasa (28/5/2024).


Ketua panitia kegiatan, Yustan Hok, S.Hut menyampaikan, sosialisasi implementasi perizinan berusaha secara online melalui sistem OSS RBA dan pengawasan perizinan berusaha atau Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) secara online kepada para pelaku usaha di Provinsi Papua Tengah tahun 2024.


Tambahnya, penerapan perizinan berusaha dan pengawasan secara online sesuai amanat pemerintah yang tertuang dalam Undang-Undang Cipta Kerja, nomor 11 tahun 2020 beserta perubahannya. Peraturan Pemerintah (PP) nomor 5 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko. PP nomor 6 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah.


Lanjut Yustan, peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) nomor 5 tahun 2021 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko.


Yustan menjelaskan, maksud dan tujuan sosialisasi adalah meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam implementasi penyelenggaraan perizinan dan pengawasan secara online melalui sistem OSS RBA dan untuk memberikan informasi dan menambah pengetahuan serta pemahaman bagi pelaku usaha di Provinsi Papua Tengah.
"Tentang perizinan berusaha yang harus dimiliki dan kewajiban penyampaian LKPM serta berkala dalam melaksanakan kegiatan usahanya," ucapnya.


Ia juga menyampaikan tentang sasaran sosialisasi, meningkatkan pemahaman pelaku usaha dalam alur pengurusan izin usaha melalui OSS RBA, pelaku usaha dapat melaporkan LKPM melalui sistem OSS RBA secara mandiri secara baik dan benar.


Anggaran pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini, dibebankan pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) DPMPTSP Provinsi Papua Tengah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non-fisik tahun 2024.


Kepala DPMPTSP Provinsi Papua Tengah, Ir. Syahrial, MM menambahkan, tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan informasi dan menambah pengetahuan serta pemahaman bagi pelaku usaha di Provinsi Papua Tengah tentang perizinan berusaha yang harus dimiliki dan wajib penyampaian LKPM.


"Kami juga berharap peserta yang hadir dapat memahami bagaimana alur pengurusan izin usaha melalui OSS RBA, dengan adanya kemudahan dalam memperoleh izin usaha," ucapnya.


Syahrial mengharapkan, peluang terciptanya lapangan pekerjaan semakin terbuka dan berdampak pada penurunan pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk meningkatkan investasi di daerah, selain kemudahan yang diberikan kepada pelaku usaha dalam pengurusan izin,


"Saya berharap melalui sosialisasi ini, dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan para pelaku usaha, dalam melakukan proses perizinan dan pelaporan LKPM secara online, serta tidak ada lagi kesulitan yang dihadapi para pengusaha ingin berinvestasi di Provinsi Papua Tengah," katanya.


Acara ini dihadiri Kepala DPMPTSP Kabupaten Nabire, Kepada DPMPTSP Dogiyai, Pejabat Eselon III dan Eselon IV DPMPTSP Provinsi Papua Tengah dan Kabupaten Nabire dan para peserta sosialisasi serta tamu undangan.(sam)

suroso  Rabu, 3 Juli 2024 2:43
Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kehadiran Guru Rendah
Penulis : Wiantri Viami Amin, S.Pd Tingkat kehadiran guru ke sekolah yang masih rendah merupakan salah satu permasalahan yang masih sering terjadi di Papua terkait mutu guru. Beberapa guru memiliki alasan jarak sekolah dengan kediaman yang jauh dan sepi merupakan salah satu alasan dari kurangnya kehadiran guru.
suroso  Senin, 27 Mei 2024 12:10
Kepala Sekolah Berperan Penting Dalam Penyaluran Bakat dan Minat Siswa
Penulis: Wiantri Viami Amin, S.Pd SEMUA siswa memiliki hak yang sama untuk mendapatkan akses yang dapat menyalurkan minat dan bakatnya. Sekolah dan orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada siswa. SMA Muhammadiyah Nabire memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mengikuti kegiatan yang membantu siswa menyalurkan bakat dan minatnya.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan