Home Pemda Nabire Diskominfo Gelar Pelatihan Dasar Komputer dan Internet Bagi Aparat Kampung dan Masyarakat

Diskominfo Gelar Pelatihan Dasar Komputer dan Internet Bagi Aparat Kampung dan Masyarakat

suroso  Kamis, 5 Nopember 2020 4:58 WIT
 Diskominfo Gelar Pelatihan Dasar Komputer dan Internet Bagi Aparat Kampung dan Masyarakat

NABIRE - Bertempat di ruang rapat Setda Nabire, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire mengadakan kegiatan pelatihan dàsar komputer dan internet bagi aparat kampung dan masyarakat.

Kegiatan inidigelar selama tiga hari, mulai hari Rabu (4/11) hingga Jumat (6/11) besok.

Ketua Panitia, Mery Kusumastuti, S.Kom dalam laporan kegiatan mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah dokumen pelaksanaan anggaran satuan kerja pemerintah daerah Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire tahun anggaran 2020.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini, untuk meningkatkan pemahaman tentang dasar-dasar komputer dan internet bagi masyarakat dan aparat kampung.

Sebagai upaya pengembangan pelayanan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Peserta pelatihan berjumlah 30 orang, terdiri dari masyarakat dan aparat Kampung Argo Mulyo Distrik Uwapa sebanyak 10 orang, masyarakat dan aparat Kampung Wanggar Pantai Distrik Yaro 10 orang dan masyarakat serta aparat Kampung Moor Distrik Moora 10 orang.

Narasumber atau pemateri berasal dari Dosen Uswim dan guru SMK N 1 Nabire jurusan teknik informatika.

Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tiga tahap.

Tahap pertama adalah pemberian teori komputer dasar, pengenalan aplikasi-aplikasi umum perkantoran dan pengenalan internet dasar.

Tahap kedua adalah mempraktekan teori yang telah diperoleh.

Tahap ketiga, pemasangan perangkat internet dan perangkat pendukung lainya di tiga kampung yang Kampung Argo Mulyo Distrik Uwapa, Kampung Wanggar Pantai Distrik Yaro dan Kampung Moor Distrik Moora.

Sumber dana kegiatan ini berasal dari DPA Dinas Komunikasi dan Informatika dana Otsus tahun anggaran 2020.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga kegiatan pelatihan dasar komputer dan internet bagi aparat kampung dan masyarakat dapat terlaksana,” tuturnya.

Sebagai kelanjutan pelatihan ini, kata dia, pihaknya akan melakukan pemasangan jaringan internet di tiga kampung yang telah mengikuti pelatihan.

Dengan fasilitas bandwidth selama satu tahun dan untuk tahun-tahun selanjutnya dimohon dapat diprogramkan pada APBD kampung.

Kegiatan pelatihan dasar komputer dan internet dibuka oleh Bupati Nabire, Isaias Douw, S.Sos MAP diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nabire, Drs. Suwardi, M.Si.

Dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompotensi dikaitkan dengan bagaimana mengoperasikan komputer akses internet.

“Bapak ibu sekalian, di era sekarang ini perkembangan teknologi komunikasi informasi dan kemajuan ITE hingga kita suka tidak suka ikuti nantinya.

Sistem penyelenggaraan kampung kerinduan sudah lama tapi perkembangannya sekaran kita sudah rasakan sistem berbasis elektronik.

Artinya nanti kerja kita ini didominasi atau dibantu oleh kemajuan ITE,” tuturnya.

Untuk itu, Kominfo menyelenggarakan pelatihan dasar ini dalam rangka memberikan bekal.

Sekalipun kita tertinggal jauh, kita tidak tertinggal hingga kedepan.

Dan hari ini pun sudah dilaksanakan berkaitan dengan ITE ini mulai perlahan dari pusat hingga daerah.  

“Dan nantikan ada kampung Kadistrik selaku penanggung jawab di kampung atau lurah pasti sudah tahu itu semua akan berbasis dalam aplikasi dimana ada penembangan ITE dari kemajuan komputer itu," pungkasnya. (modes)

suroso  Senin, 27 Juni 2022 0:2
Tindakan Kepolisian : SAKSI DIDUGA DIJADIKAN TERSANGKA TANPA CUKUP ALAT BUKTI (Studi Kasus Pengeroyokan, salah penanganan).
Dalam penegakan hukum positif di Indonesia terhadap berbagai kasus yang terjadi dari segi penanganan kasus tidak mengedepankan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 01 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian dan Standar Operasional Prosedur (SOP) baku yang berlaku dalam tubuh Kepolisian Republik Indonesia.
suroso  Senin, 7 Februari 2022 0:41
Apa Itu Tinea Imbrikata atau Kaskado ?
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemui orang-orang atau bahkan diri kita sendiri yang pernah mengeluhkan gatal-gatal terutama di badan. Tetapi dapat juga terjadi pada leher,tangan, kaki ataupun di tempat lainnya. Keluhan gatal tersebut berlangsung lama, berulang, makin gatal bila berkeringat, diobati tapi tak kunjung sembuh hingga sangat mengganggu tidur. Gatal-gatal pada badan sering di sebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu penyakit infeksi jamur pada badan yang sering adalah Tinea Imbrikata atau masyarakat di Papua lebih mengenalnya dengan sebutan Kaskado.

Hahae

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53

Pace satu dia kerja di Pertamina. Satu kali pace dia dapat tindis deengan drem minyak. Dong bawa lari pace ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, pace pu kaki patah.

Setelah sembuh, pace minta berhenti kerja di Pertamina.

Waktu pace ko jalan-jalan sore di kompleks, pace ketemu kaleng sarden. Dengan emosi pace tendang kaleng itu sambil batariak "Kamu-kamu ini yang nanti besar jadi drem." 

Populer

Tatindis Drem Minyak
suroso  Sabtu, 16 April 2022 3:53
DPRD Dogiyai Tunda Undang Eksekutif
suroso  Selasa, 5 April 2022 19:9
Plt. Sekda Pimpin Apel Pagi Di Satpol PP
suroso  Jumat, 1 April 2022 0:6
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan