Home Berita Pilkada Setelah PSU, Masih Ada 3 TPS Pemilihan Ulang Lagi

Setelah PSU, Masih Ada 3 TPS Pemilihan Ulang Lagi

suroso  Senin, 2 Agustus 2021 6:44 WIT
Setelah PSU, Masih Ada 3 TPS Pemilihan Ulang Lagi

NABIRE – Setelah TPS 25 Siriwini dan TPS 16 Karang Mulia dilakukan pemilihan ulang beberapa hari lalu, giliran TPS 3 Karang Mulia akan dilakukan hal yang sama pada Senin (2/8/21) hari ini. Pihak KPU Nabire diinformasikan tengah mempersiapkan perlengkapan untuk melaksanakan pemungutan suara ulang di TPS 3 Karang Mulia besok.

Pemungutan suara ulang di TPS 3 Karang Mulia ini didasarkan pada Surat Bawaslu Nabire nomor 100/HK.00.02/K.Kab.Pa-17/07/2021 tertanggal 30 Juli 2021 perihal penelitian dan pemeriksaan PSU di TPS 3 Karang Mulia (rekomendasi pemungutan suara ulang).

Surat yang dialamatkan ke Ketua KPU Nabire ini menyebutkan, pada Rabu (28/7/21) di TPS 3 Karang Mulia, Distrik Nabire, terjadi kejadian pada saat penghitungan surat suara dari dalam kotak suara ditemukan adanya lipatan surat suara lebih dalam satu lipatan surat suara. Hal ini dibuktikan dengan para saksi masing-masing, Yulianus Nokuwo, S.Sos, Yermias Pekei, Sebastianus Agapa bersama anggota KPPS TPS 3. Dengan alat bukti berupa Form A Pengawasan, catatan kejadian khusus saksi di TPS, serta bukti foto/video.

Terhadap hak kejadian tersebut, Bawaslu Nabire telah melakukan pleno dan memutuskan agar pada TPS 3 Karang Mulia dilakukan PSU sesuai dengan ketentuan pasal 12 UU nomor 10 tahun 2016 ayat (1) dan ayat (2).

Sementara itu, Panitia Pengawas Pilkada Distrik Nabire, melayangkan surat rekomendasi kepada PPD Distrik Nabire, untuk melaksanakan Pemungutan Suara Ulang di TPS 25 Kelurahan Siriwini dan TPS 16 Kelurahan Karang Mulia Nabire.

Rekomendasi tersebut didasarkan atas terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh Ketua dan Anggota KPPS TPS 25 Siriwini dan Ketua dan Anggota KPPS TPS 16 Karang Mulia.

Dimana pada Rabu (28/7/21) pada saat proses pemungutan suara di TPS 25 Kelurahan Siriwini dan TPS 16 Kelurahan Karang Mulia, terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh ketua dan anggota KPPS TPS 25 Kelurahan Siriwini. Ketua dan anggota KPPS melakukan pencoblosan surat suara sisa sebanyak 4 lembar surat suara. Sehingga terjadi kecurangan yang menguntungkan pasangan calon nomor urut tertentu. 

Sementara di TPS 16 Kelurahan Karang Mulia, ketua dan anggota KPPS membagikan surat suara sisa untuk dilakukan pencoblosan oleh ketua dan anggota KPPS 16 Karang Mulia serta 3 orang saksi pasangan calon. Untuk itu perlu dilakukan pemungutan suara ulang di TPS 25 Kelurahan Siriwini dan TPS 16 Kelurahan Karanag Mulia. 

Hal tesrebut dibuktikan dengan keterangan saksi masing-masing, Pitdor Matatula, George Fonataba, Mikhael Mofu (PTPS 25 Siriwini), Anselmus Adi (PTPS 16 Karang Mulia). Dengan alat bukati catatan kejadian khusus oleh Pengawas Distrik Nabire berupa Formulir A, serta bukti foto dan video. (ros)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Selasa, 7 Desember 2021 8:1
Pentingnya Data Dalam Proses Pembangunan Daerah
DATA menjadi bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dari adanya data, seseorang dapat mengetahui beberapa informasi yang diinginkan. Seperti halnya dalam proses melaksanakan pembangunan. Pembangunan akan berjalan baik apabila didasari dengan ketersediaan data yang benar dan up-to-date. Data sendiri memiliki artian yakni sekumpulan informasi dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau juga pencarian kesumber-sumber tertentu.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan