Home Pemda Dogiyai DPMK Dogoyai Siap Laksanakan Bintek Bagi 73 Kakam Baru

DPMK Dogoyai Siap Laksanakan Bintek Bagi 73 Kakam Baru

suroso  Selasa, 3 Agustus 2021 6:51 WIT
 DPMK Dogoyai Siap Laksanakan Bintek Bagi 73 Kakam Baru

DOGIYAI -  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Dogiyai, Damiana Tekege, SH, MH mengatakan pihaknya siap melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi 73 kepala kampung baru hasil Pilkades serentak yang telah dilantik Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa, Jumat (30/07/21).

“Kepala-kepala kampung yang baru saja dilantik oleh bapak bupati, rata-rat baru sehingga kami berkewajiban memberikan Bimtek agar menjadi pedoman dan bekal pengetahuan dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala kampung,” ungkap Damiana usai acara pelantikan kepada awak media di aula GKI Kingmi  Tanah Papua, Digikotu, Distrik Kamuu, Kabupaten Dogiyai.

Pada Bimtek pratugas yang akan digelar DPMK Dogiyai, Damiana menyebutkan tentu para Kades akan diberikan berbagai materi. Diantaranya menyangkut materi tugas pokok dan hak kewajiban kepala kampung, pengelolaan dana kampung, pencegahan tindak pidana korupsi, sinergitas TNI/Polri dengan pemerintah kampung, harmonisasi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Kampung dan lain-lain.

“Maka tetap kami akan koordinasi dengan para pihak yang nantinya menjadi narasumber (pemateri) dalam Bintek yang akan kami gelar,” kata Damiana.

Tak hanya kepala-kepala kampung namun dikatakan Damiana, para ketua PKK juga akan mendapatkan materi terkait peningkatan kapasitas kepribadian dan kompetensi diri serta menyangkut tata cara berpakaian. 

“Para istri kepala kampung ini perlu juga dibimbing, karena selain mendampingi para suami mereka juga merupakan tulang punggung pemberdayaan keluarga,” sahutnya.

Sebelumnya Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa dalam sambutan meminta kepada DPMK sebagai OPD terkait untuk melaksanakan Bintek bagi 73 kepala kampung yang dia lantik. 

Khusus kebijakan umum yang mesti diketahui para kepala kampung menurut Bupati Dogiyai ada tiga poin diantaranya memperkuat nilai kemandirian kampung, untuk tata kelola pemerintahan kampung yang lebih baik, membangun kerjasama dengan semua pihak serta terhadap seluruh aparatur kampung. 

“Kakam juga diharuskan memahami tugas dan fungsi kewenangan serta kewajiban dalam hal pengabdian dan melayani bukan untuk dilayani. Maka bintek ini penting untuk dilakasanakan,” tutur Bupati Dogiyai. (eby) 

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Rabu, 19 Januari 2022 4:54
Menata Kabupaten Deiyai yang Lebih Baik
Kita sebagai warga Kabupaten Deiyai yang berpiir rasional dan ebyektif, kita semua pasti sepakat mengani tiga hal, yakni (1) Kita sedang mengalami krisis kepemimpinan dalam politik dan pemerintahan,

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan