Home Berita Pilkada Pekan Depan MK Sidang Gugatan PSU Nabire

Pekan Depan MK Sidang Gugatan PSU Nabire

suroso  Jumat, 13 Agustus 2021 13:30 WIT
Pekan Depan MK Sidang Gugatan PSU Nabire

JAKARTA – Data pada laman Mahkamah Konstitusi RI menyebutkan jika gugatan dari dua Paslon peserta PSU Pilkada Nabire, akan disidangkan pada pekan depan, tepatnya pada Senin (23/8/21) pukul 14.00 WIB di Gedung MKRI 1 Lantai 2, Jakarta. 

Kedua gugatan yang akan disidangkan dengan acara pemeriksaan pendahuluan (I), masing-masing, perkara nomor 149/PHP.BUP-XIX/2021 tentang Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Nabire Tahun 2021. Dengan Pemohon Paslon nomor urut 3, Drs. Fransiscus Xaverius Mote, M.Si dan Tabroni Bin M Cahya, dengan kuasa hukum Eduard Nababan.

Gugatan lainnya yang akan disidangkan, yakni perkara nomor 150/PHP.BUP-XIX/2021 tentang Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Nabire Tahun 2021. Dengan Pemohon Paslon nomor urut 1, Yufinia Mote, S.SiT dan Muhammad Darwis dengan kuasa hokum masing-masing, Dr. Heru Widodo, S.H., M.Hum., Supriyadi Adi, S.H., M.H., Dhimas Pradana, S.H., M.H., Aan Sukirman, S.H., M.H., Habloel Mawadi, S.H., M.H., Sergius Wabiser, S.H. 

Seperti diberitakan sebelumnya, pasca penetapan suara terbanyak PSU Pilkada oleh KPU Nabire, 3 Agustus 2021, KPU memberi kesempatan kepada Paslon yang ingin mengajukan permohonan PHPKada ke MK.

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1, Yufinia Mote/Muhammad Darwis (YUDA), serta pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 3, FX Mote/Tabroni Cahya (FRANSBRO), telah mendaftarkan permohonan PHPKada kepada MKRI, Kamis (05/08/21).

MKRI telah menetapkan jadwal persidangan bagi kedua permohonan perkara masing-masing permohonan perkara nomor 149/PHP.BUP-XIX/2021 atas nama pasangan FRANSBRO, dan permohonan perkara nomor 150/PHP.BUP-XIX/2021 atas nama pasangan YUDA.

Persidangan akan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2021, pukul 14.00 WIB. Paslon YUDA diwakili oleh enam orang kuasa hukum masing-masing Dr. Heru Widodo, SH, M.Hum, Supriyadi Ad, S.H., M.H, Dhimas Pradana, S.H., M.H, Aan Sukirman, SH, M.H, Habloel Mawadi, S.H, M.H dan Sergius Wabiser, SH.

Sedangkan paslon FRANSBRO diwakili oleh kuasa hukumnya, Eduard Nababan SH.

Untuk agenda persidangan tanggal 23 Agustus 2021 yakni pemeriksaan pendahuluan.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum kabupaten Nabire, menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nabire, nomor urut 2, Mesak Magai dan Ismail Djamaludin, sebagai peraih suara terbanyak dalam PSU Pilkada Nabire 2020.

Penetapan tersebut dilaksanakan pada Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara, selasa tengah malam (03/08/21).

Pasangan Mesak Magai/Ismail Jamaludin meraih 25.259 suara, mengungguli pasangan lainnya yakni Yufinia Mote/Muhammad Darwis dengan raihan 18.184 suara, dan pasangan FX Mote/Tabroni Cahya dengan jumlah suara sebanyak 16.135. (ist/ros)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Selasa, 7 Desember 2021 8:1
Pentingnya Data Dalam Proses Pembangunan Daerah
DATA menjadi bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dari adanya data, seseorang dapat mengetahui beberapa informasi yang diinginkan. Seperti halnya dalam proses melaksanakan pembangunan. Pembangunan akan berjalan baik apabila didasari dengan ketersediaan data yang benar dan up-to-date. Data sendiri memiliki artian yakni sekumpulan informasi dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau juga pencarian kesumber-sumber tertentu.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan