Home Pemda Deiyai Tapal Batas Deiyai dengan Kabupaten Tetangga Perlu Diperjelas Lagi

Tapal Batas Deiyai dengan Kabupaten Tetangga Perlu Diperjelas Lagi

suroso  Senin, 30 Agustus 2021 8:46 WIT
Tapal Batas Deiyai dengan Kabupaten Tetangga Perlu Diperjelas Lagi

DEIYAI – Tapal batas administratif pemerintah Kabupatan Deiyai dengan kabupaten tetangga, walaupun sudah jelas dengan letak geografis yang telah terbentuk secara alami namun perlu diperjelas lagi.

“Kita perlu perjelas tapal batas karena kita kawatirkan, potensi alam yang di Deiyai bisa diambil oleh kabupaten lain. Seperti di wilayah selatan Deiyai, di Kapiraya, ada perusahan yang masuk. Perlu diperjelas dan bisa terjadi juga di wilayah tapal batas lainnya. Maka eksekutif bersama pihak terkait kita semua perlu bicara bersama memperjelas tapal batas” kata Ketua Komisi A DPRD Deiyai, Onesmus Madai, dalam tanggapan Komisi pada sidang ABT tahun anggaran 2021, belum lama ini.

Dikatakan, tapal batas wilayah sangat penting untuk diperjelas dalam sebuah tata kelembagaan pemerintahan daerah. Di dalam membangun daerah dapat berjalan baik, terutama dalam mengelola potensi alamnya bahkan dalam memberikan perhatian pemerintah daerah dalam membangun daerahnya sangat penting untuk diperjelas tapal batasnya. Jika tidak diperjelas bisa terjadi pencurian potensi atau kekayaan alam di wilayahnya. Sehingga pemerintah bisa mengalami kerugian atas kekayaan sendiri karena diambil orang lain. 

Oleh sebab itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama menghindari illegal loging dan pencurian kekayaan alam dan hal lainnya, menurutnya, perlu diperjelas dan diperketat tapal batas wilayah pemerintahannya. 

“Kita perjelas tapal batas wilayah ini, bukan hanya untuk menghindari pencurian kekayaan alam saja. Selain itu, dapat mengenali wilayah–wilayah pelayanan pemerintah daerah dalam rangka membangun daerah.  Kedepan, hal ini harus menjadi perhatian bersama dalam bangun daerah,” katanya. 

Dia juga menambahkan, pemerintah daerah melalui dinas terkitnya harus mempunyai data kekayaan alam yang ada di Deiyai. Dan juga data potensi alam lainnya, agar kedepannya, berdasarkan data, pemerintah dapat kelola potensi alamnya secara baik untuk dapat datangkan PAD besar bagi pemerintah daerah.    

Oleh sebab itu, mari eksekutif, pihak, stekholder, menaruh perhatian serius dalam membangun daerah sesuai wilayah pelayanan pemerintahan, melalui berbagai upaya, langkah, kebijakan, demi memajukan daerah Deiyai. (hbb)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Rabu, 19 Januari 2022 4:54
Menata Kabupaten Deiyai yang Lebih Baik
Kita sebagai warga Kabupaten Deiyai yang berpiir rasional dan ebyektif, kita semua pasti sepakat mengani tiga hal, yakni (1) Kita sedang mengalami krisis kepemimpinan dalam politik dan pemerintahan,

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan