Home Pemda Deiyai DPRD Deiyai Berharap Bentuk Tim Pengecek Tapal Batas

DPRD Deiyai Berharap Bentuk Tim Pengecek Tapal Batas

suroso  Kamis, 2 September 2021 6:33 WIT
 DPRD Deiyai Berharap Bentuk Tim Pengecek Tapal Batas

DEIYAI – DPRD Kabupaten Deiyai melalui Komisi A, Onesmus Madai, mengharapkan kepada lembaga eksekutif membetuk tim pengecek tapal batas.  Tim yang akan dibentuk, selain mengecek tapal batas juga akan mengecek dugaan–dugaan perusahaan yang masuk kerja di wilayah Kabupaten Deiyai, terutama wilayah selatan Deiyai.    

“Selama ini belum pernah bentuk tim untuk melakukan pengecekan tapal batas di wilayah Deiyai dengan kabupaten tetangga lain, khususnya di wilayah selatan Deiyai yang perbatasan langsung dengan Kabupaten Mimika.  Mestinya kita membentuk tim untuk mengecek langsung lapangan di wilayah perbatasan Deiyai dengan kabupaten tetangga lainnya.  Agar nantinya tapal batas dapat jelas dan juga dapat menghindari penambangan liar hasil hutang bahkan potensi alam lainnya yang ada di wilayah Deiyai,” kata Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Deiyai, Onemus Madai, belum lama ini. 

Menurutnya, dalam mengecek tapal batas tidak bisa hanya tugas sepihak. Didalamnya dapat dilihat semua pihak, baik itu, warga pemilik hak ulayat dan lainnya dan juga jangan berpikir hanya sepele. Harus menaruh perhatian untuk diseriusi untuk memperjelas tapal batas. Karena jika diperjelas tapal batasnya, nilai positifnya akan lebih besar terhadap proses pembangunan.    

“Jika kita bentuk tim, salah satu tugas yang akan kita lakukan adalah mengecek baik-baik dua perusahan, diantaranya perusahaan kepala sawit dan perusahan kayu yang sedang beroperasi di wilayah selatan ini. Apakah kedua perusahaan ini masuk di wilayah Kabupaten Mimika atau di wilayah Kabupaten Deiyai.  Jangan kita biarkan, jangan sampai lokasi perusahaannya masuk di wilayah Deiyai.  Jika kedua perusahaan masuk di wilayah Deiyai maka akan dikenakan pajak. Tetapi kalau perusahaan masuk di wilayah Mimika, tidak apa apa, kita hanya sebatas mengecek saja keberadaan wilayah pengoperasian kedua perusahaan itu.” terangnya.

Oleh sebab itu, mengingat pentingnya memperjelas tapal batas wilayah Kabupaten Deiyai dengan kebupaten tetangga, Onesmus Madai, yang juga Ketua Partai Berkarya Deiyai, mengatakan, sangatlah penting membentuk tim pengecekan tapal batas wilayah, mengingat Deiyai kedepan. Karena di wilayah Deiyai punya potensi alam.  Maka kedepan, jika ada perusahaan–perusahaan yang masuk beroperasi di wilayah Deiyai, pemerintah daerah melalui intansi terkaitnya, mudah sekali untuk mengontrol dan mengatur kerjasamanya. (hbb) 

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Rabu, 19 Januari 2022 4:54
Menata Kabupaten Deiyai yang Lebih Baik
Kita sebagai warga Kabupaten Deiyai yang berpiir rasional dan ebyektif, kita semua pasti sepakat mengani tiga hal, yakni (1) Kita sedang mengalami krisis kepemimpinan dalam politik dan pemerintahan,

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan