Home Artikel Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru

Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru

suroso  Senin, 20 September 2021 7:52 WIT
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru

*) Oleh Agustinus Kegiye

Pada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang makna Dogiyai Bahagia ini berlangsung selama 2 jam di para-para adat. Di ruangan kantor SMA Negeri 1 Dogiyai pada pukul 02.30-04.30 sore, kami ceritera bersahaja. Melalui dialog pendidikan, kami sempat melahirkan sejumlah ide gemilang untuk memberi dan memperluas visi Dogiyai bahagia bagi warga termasuk bagi para guru di Tanah Kotekaa-Mogee. 

Ide-ide cemerlang ini mencakup arti kebahagiaan, pentingya kebahagiaan dan unsur keterlibatan bersama sebagai satu upaya preventif untuk mewujudkan visi Dogiyai Bahagia dalam berbagai level. Ide-ide ini muncul dalam benak kami berdasarkan empat pertanyaan dasar. (1) Apa yang dimaksud dengan Dogiyai Bahagia bagi Guru dan warganya?; (2) Kenapa Dogiyai Bahagia itu dikatakan amat penting dan mendesak?; (3) Apa masalahnya dan peluangnya?; (4) Bagaimana Dogiyai bahagia ini dapat diwujudkan oleh semua pihak?. Kami semua menceriterakan Dogiyai Bahagia atas dasar bantuan 4 pertanyaan tersebut.

Berdasarkan hasil dialog, Dogiyai Bahagia merupakan suatu harapan, cita dan visi bersama yang mesti diwujudkan bersama. Karena, menurut pendapat kami, harapan ini secara kodrat mengundang setiap warga di Dogiyai untuk mewujudkan harapan dan visi kebahagiaan. Semua dan setiap kita sudah harus melibatkan dan dilibatkan diri secara inisiatif, aktif dan penuh dalam keseluruhan kebijakan pemerintah di Daerah. Dogiyai Bahagia tidak akan terwujud hanya jika tidak ada unsur keterlibatan bersama dari semua pihak di tanah leluhur Mee. Maka semua pihak, entah siapapun orangnya, dipanggil dan memanggil oleh kebahagiaan untuk berbuat sesuatu yang positif dan baik di daerah.   

Pentingnya Dogiyai Bahagia

Dogiyai Bahagia amat penting untuk dibangun bersama karena adanya tuntutan kebutuhan Hidup bahagia dan sejati dari komunitas Manusia Dogiyai. Letak kebahagiaan adalah ada dalam komunitas Mee di Dogiyai. Pembangunan kebahagiaan mestinya dibangun dari dan untuk komunitas Mee. Perwujudan pembangunan Dogiyai bahagia sudah tentunya bermula dan bermuara pada dan dalam komunitas Mee di Lembah Hijau dan Tota Mapiha. Semua warga yang ada di dua daerah istimewa ini mesti perlu merasakan esensi kebahagiaan. Ini bukan soal arti bahagia antara saya dan kamu. Juga bukan soal untung dan rugi dan atau kapan saya dapat apa dan dari siapa dalam kelompok politik tertentu di Kota Kabupaten Dogiyai. Bahkan semua kebijakan yang berhubungan dengan Dogiyai Bahagia pun tidak perlu diambil dan dilaksanakan hanya untuk menjawab kepentingan Jakarta. Makanya, Dogiyai Bahagia mesti berakar dalam komunitas Mee dan berkembang produktif dalam budaya Mee di Meepago. 

Dogiyai Bahagia adalah suatu perjanjian mulia yang wajib diwujudkan dalam berbagai aspek kehidupan. Karena visi kebahagiaan ini menuntut suatu misi bersama secara tertarget nyata dan kenas sasaran pada rakyat. Misi inilah yang biasa disebut perwujudan kebijakan daerah yang berwawasan dan berbasis budaya Meepago. Menurut hasil dialog kami, pembangunan kebahagiaan sudah seharunya menampilkan kebijakan-kebijakan pemerintah yang berwajah Dogiyai.  Itu artinya, segala kearifan local dan potensi-potens unggul dalam budaya Mee mestinya diangkat, didayakan dan dihayati dalam sebuah kebijakan daerah. Kebijakan daerah yang berbasis budaya Mee sudah tentunya akan mempermudah setiap anggota komunitas Mee di Dogiyai untuk membangun pembangunan kebahagiaan sejati. Mereka secara otomatis akan dapat terlibat di dalamnya. Mereka akan merasa memiliki atas Dogiyai Bahagia karena kebijakan-kebijakan daerahnya diambil, dirumuskan dan ditetapkan serta dilaksanakan dari kekuatan system social budaya dan lingkungan hidup mereka. 

Dengan demikian, kebahagiaan bersama akan terwujud dari kodrat manusia sebagai manusia adanya, tanpa mengorbankan kebahagiaan komunitas Mee di Dogiyai. 

Prioritaskan Nasib Guru

Prioritaskan tenaga guru dan memperbaiki nasib tenaga guru yang ada di sekolah-sekolah Dogiyai merupakan roh dan jiwa dari visi Dogiyai Bahagia. Karena guru adalah kakak sejati dan baik bagi perwujudan Dogiyai Bahagia. Kakak, menurut diskusi kami, sebagai Guru sejati dan baik yang memotori, mendorong dan menginspirasikan semua pihak untuk secara bersama membangun Dogiyai bahagia. Dia yang melahirkan bagai upaya,cara  dan teknik yang sederhana bagi semua pihak untuk mencerdaskan generasi bangsa demi pembanguna kebagiaan Dogiyai yang produktif dan berkelanjutan. Sebagai kakak, dia adalah actor utama dan pertama yang mendirikan Negara Indonesia dan mencetak semua sumber daya manusia. Guru adalah penentu maju mundurnya sebuah Negara Indonesia, termasuk kabupaten Dogiyai. Tanpa prioritaskan Guru dalam pembangunan daerah, Dogiyai bahagia tidak akan terwujud secara komprehensif dan permanen.

Keterlibatan guru dalam pembangun Dogiyai Bahagia merupakan agenda prioritas utama, penting dan mendesak. Adanya guru honor yang semakin melarat di Kabupaten Dogiyai menuntut pemerintah daerah untuk bertindak bijaksana dan bertanggung jawab. Sejak lama, hidup para guru honor sudah benar-benar berada di bawah garis kemiskinan dan atau konflik serupa lainnya di Papua. Konkretnya, hampir 5000 lebih tenaga guru honorer kini masih tetap saja hidup dalam kondisi kemiskinan bahkan miskin absolute. Dalam kondisi ini, sejumlah kelompok intelektual adalah pihak utama dan pertama yang katanya mengakui diri sebagai kelompok terdidik dan beradap, tetapi nyata-nyatanya sudah tidak mengetahui budaya Mee secara substansial, sudah tergabung kelompok sekularisme Jakarta dan menunjukan diri mereka sebagai kelompok penghianat intelektual yang senantiasa bekerja keras untuk mematikan semua pontensinya di tanah Kotekaa-Mogee. 

Sudah begitu, kami anak-anak bumi Cenderawasih lagi pula mengajar tanpah upah dan tanpa segalanya dari semua pihak. Meskipun demikian, setiap hari kami senantiasa setia dan sabar berada dan hidup tanpa mengeluh untuk membangun dan mempertahakan Dogiyai Bahagia dari sekolah. Kami selalu siap memikul dosa-dosa para penghianat intelektual dan berdasai di tanah leluhur Mee sampai di puncak gunung Dogiyai Bahagia. Kami siap tampil di tanah Kotekaa-Mogee sebagai Sang Pembebas sejati bagi para penghianat daerah. Demi Dogiyai Bahagia, kami bangga menjadi GURU, Guru tanpa tanda jasa! (Penulis adalah guru pada Sekolah Mengenah Atas (SMA) Negeri 1 Dogiyai)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Selasa, 7 Desember 2021 8:1
Pentingnya Data Dalam Proses Pembangunan Daerah
DATA menjadi bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Dari adanya data, seseorang dapat mengetahui beberapa informasi yang diinginkan. Seperti halnya dalam proses melaksanakan pembangunan. Pembangunan akan berjalan baik apabila didasari dengan ketersediaan data yang benar dan up-to-date. Data sendiri memiliki artian yakni sekumpulan informasi dari suatu hal yang diperoleh melalui pengamatan atau juga pencarian kesumber-sumber tertentu.

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan