Home Pemda Dogiyai BK DPRD Dogiyai Sampaikan Mosi Tidak Percaya Pimwan

BK DPRD Dogiyai Sampaikan Mosi Tidak Percaya Pimwan

suroso  Jumat, 24 September 2021 5:23 WIT
BK DPRD Dogiyai Sampaikan Mosi Tidak Percaya Pimwan

NABIRE – Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Dogiyai menyatakan mosi tidak percaya yang diajukan 17 anggota dewan juga ditindaklnjuti oleh BK sebagai mosi tidak percaya kepada tiga (3) piminan DPRD Dogiyai periode 2019-2024.

Ketua BK DPRD Kabupaten Dogiyai, Yusak Ernest Tebay di Nabire, Selasa (21/9) mengatakan, sudah disampaikan kepada pimpinan DPRD Dogiyai bahwa mosi tidak percaya dari 17 anggota ini juga ditindaklanjuti sebagai mosi tidak percaya dari BK. Karena, mosi tidak percaya tersebut dari internal dewan, anggota legislatif.

Yusak menjelaskan, ada protes dari pimpinan dewan bahwa mosi tidak percaya tersebut tidak secara bertahap, teguran lisan dan tertulis dan mengeluarkan mosi tidak percaya. Tetapi, sudah dijelaskan, bahwa mosi tidak percaya dari anggota, internal dewan sehingga BK menindaklanjuti sikap anggota dewan terhadap pimpinan.

Ketua BK ini menjelas, apabila ada pengaduan dari luar, oleh masyarakat, maka prosesnya berdasarkan pengaduan tersebut, BK memeriksa pengaduan dengan memanggil anggota yang bersangkutan dan menggali informasi pengaduan masyarakat lalu bisa ditentukan sikap dewan. Dan teguran kepada anggota melalui tahapan, teguran lisan, teguran tertulis dan tindakan.

Tetapi, surat mosi tidak percaya kepada pimpinan dewan (Pimwan), dari internal anggota dan bukti-buktinya jelas dan terbuka sehingga BK menidndaklanjuti mosi tersebut bersamaan dengan surat mosi tidak percaya dari anggota kepada pimpinan.

Menurutnya, pimpinan dewan bisa mensiasati pencemaran nama baiknya. Sebelum rehabilitasi, pimpinan harus menjawab secara tertulis iteam demi iteam. Apabila jawaban tertulis dari tiga pimpinan tersebut membuktikan kebenarannya, nama baik tiga pimpinan dapat direhabilitasi.

Ketua BK mengingatkan, apabila tiga pimpinan menyangka dan menjawab tuntutan dan pernyataan 17 anggota, tidak lewat lisan. Tetapi sanggahan dan jawaban pimpinan harus dengan tertulis dan menjawab point per point dari 17 point yang termuat di dalam surat pernyataan mosi tidak percaya. (ans)

suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan