Home Nabire Kemensos Harus Beri Perhatian Kepada KAT di Papua

Kemensos Harus Beri Perhatian Kepada KAT di Papua

suroso  Kamis, 7 Oktober 2021 20:58 WIT
Kemensos Harus Beri Perhatian Kepada KAT di Papua

NABIRE - Kementerian Sosial (Kemensos) diminta untuk memberikan perhatian kepada Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Tanah Papua. Hal ini disampaikan Legislator Papua, melalui Kelompok Kerja Khusus (Poksus), John NR Gobai, kepada media ini, Rabu (06/10/21).

"Perlu perhatian Kemensos kepada KAT di Tanah Papua," ujar Ketua Poksus DPR Papua, John NR Gobai.

Gobai menjelaskan, KAT adalah sekumpulan orang dalam jumlah tertentu yang terikat oleh kesatuan geografis, ekonomi, dan/atau sosial budaya, dan miskin, terpencil dan/atau rentan sosial ekonomi.

KAT, sebagaimana Peraturan Presiden Nomor 186 Tahun 2014 adalah sekumpulan orang dalam jumlah tertentu yang terkait oleh kesatuan geografis, ekonomi, dan/atau sosial budaya, dan miskin, terpencil dan/atau rentan sosial ekonomi. Karena permasalahan keterpencilan dan kemiskinan.

"Maka KAT sebagai salah satu penyandang masalah kesejahteraan sosial, perlu penangnan khusus agar dapat hidup setara dengan Warga Negara Indonesia lainnya," jelas Dia.

Untuk itu lanjut Gobai, terdpat Perdasus No 8 tahun 2014 tentang Penanganan Komunitas Adat Terpencil di Papua.

Regulasi ini harus bisa diimplementasikan dengan baik mengingat di Papua tentu terdapat Suku-Suku, yang dapat suku atau kelompok Suku yg dapat disebut Komunitas Adat Terpencil (KAT).

Misalnya, Suku Elseng di Kabupaten Jayapura, Suku Korowai di Selatan Papua, Suku Keuw dan Suku Auye di Nabire, dan sebagainya.

"Tentu ada yang lain yang memerlukan penelitian untuk memastikannya serta menyusun program pemberdayaannya, melalui Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten di Papua," pungkasnya. (tian)


Polling has no value
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Intan Jaya Masuk Level 2 Penerapan PPKM
suroso  Rabu, 11 Agustus 2021 22:17
Menangi PSU, Ini Pesan Mesak Magai
suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:10
Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Paslon Terpilih
suroso  Selasa, 3 Agustus 2021 21:31
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan