Home DARI ARENA PON XX PAPUA Sejarah, Catur Papua Raih Emas PON

Sejarah, Catur Papua Raih Emas PON

suroso  Kamis, 7 Oktober 2021 22:13 WIT
Sejarah, Catur Papua Raih Emas PON

MERAUKE - Tim catur Papua berhasil menorehkan sejarah baru dengan meraih medali emas pertama di ajang Pekan Olahraga Nasional. Torehan itu dibukukan pada PON XX Papua tahun 2021.

Medali emas pertama ini disumbangkan pecatur unggulan Papua Grandmaster Cerdas Barus, dalam kategori catur cepat (25 menit) untuk perorangan usia terbatas, setelah memetik kemenangan atas Master Fide asal Papua Barat Hany Marentek dibabak ke-5, yang digelar di Sweissbell Hotel, kamis (7/10/2021).

Kemenangan ini sekaligus partai revange, setelah sebelumnya di kategori catur kilat (blitz 3 menit), Cerdas Barus harus mengakui keunggulan lawannya.

Asisten Pelatih tim catur Papua yang juga Sekum Pengprov Percasi Papua, Banjir Ambarita SE, PNP mengakui atlit Papua Barat Hany Marentek MF menjadi partai penentu untuk memimpin perolehan angka. “Begitu atlet kami Cerdas Barus bisa menumbangkan Hany Marentek yang saat itu berada di posisi kedua, selisih poin menjadi 1,5 MP, ini yang  kemudian membangkitkan percaya diri semakin mantap,”tutur Ambarita.

Kemenangan Cerda Barus diperoleh pada lanfgkah ke 26, dengan keunggulan 1 bidak H untuk promosi, membuat Hany tak berdaya dan menyerah.

“Sebetulnya pada babak ke 7 Cerdas yang memegang buah putih, sudah mengunci dan memastikan medali emas, karena selisih poin dengan atlet lain sudah 2,5 MP, tapi pada partai ke 8 bermain remis dengan Master Internasional Rony Gunawan atlet Jawa Timur,” jelasnya.

Dengan perolehan 1 medali maka catur Papua untuk PON sudah menyumbangkan 2 medali yakni medali perak melalui atletnya Yoseph Taher di nomor catur kilat 3 menit. “Sudah 2 medali, tapi kami masih menargetkan 2 emas di nomor catur classik, mealui Yoseph Taher dan Cerdas Barus,”ungkap Banjir Ambarita.

Manajer Tim Catur Papua untuk PON XX Haji Ariadi mengungkapkan rasa syukurnya atas raihan medali emas pertama di PON. “Kami panjatkan rasa syukur atas prestasi ini, karena sejak PON digelar di berbagai provinsi di Indonesia, ini pertama kali Papua meraih medali emas. “Saya kira ini harus menjadi tonggak sejarah bagi perkembangan catur di Papua, sudah merah emas berarti catur harus semakin populer dan bermasyarakat,”ujar Haji Ariadi saat dihubungi Media Center.

Ia juga mengatakan, bahwa medali emas yang diraih selain dipersembahkan untuk rakyat di tanah Papua, juga dipersembahkan bagi mantan  Wakil Gubernur yang juga Ketua Umum Percasi Papua Almarhum Bapak Klemen Tinal. “Meski beliau sudah tiada, tapi semangatnya untuk memajukan catur di Papua tetap terpatri pada kami, dan medali emas ini kami dedikasikan untuk Almarhum,”ucap Haji Ariadi yang juga Bendahara Umum Pengprov Percasi Papua.

Tim Catur Papua menargetkan 3 medali emas. Akan berakhir pada 13 Oktober mendatang. (Pa Herry/Marcel)

Polling has no value
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Intan Jaya Masuk Level 2 Penerapan PPKM
suroso  Rabu, 11 Agustus 2021 22:17
Menangi PSU, Ini Pesan Mesak Magai
suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:10
Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Paslon Terpilih
suroso  Selasa, 3 Agustus 2021 21:31
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan