Home Pemda Deiyai Para Mahasiswa Jauhkan dari Bahaya Miras dan Narkoba

Para Mahasiswa Jauhkan dari Bahaya Miras dan Narkoba

suroso  Jumat, 8 Oktober 2021 14:30 WIT
Para Mahasiswa Jauhkan dari Bahaya Miras dan Narkoba

JAYAPURA – Kondisi di masyarakat semakin meningkat peredaran minuman keras (Miras) berbagai jenis dan juga Narkoba.  Banyak anak-anak muda sudah terjerumus dalam mengkonsumsi Miras dan Narkoba.  Sehingga sudah kehilangan arah hidup anak–anak muda yang lebih baik di masa depannya. Artinya, banyak anak-anak sudah putus sekolah dari tingkat SMA, SMP, di perguruan tinggi bahkan menimbulkan masalah besar akibat konsumsi Miras bahkan hingga meninggal dan lainnya. 

Demikian dikatakan Amos Edowai, Anggota Komisi I DPRP papua yang juga sebagai orang tua Tigi Barat, Deiyai di Jayapura, ketika melalui sambutannya, saat acara perkenalan mahasiswa lama dengan baru IPPM Tigi Barat di Pantai Hamadi, Jayapura. 

Oleh sebab itu, Amos mengharapkan para pelajar, mahasiswa Tigi Barat, Deiyai sekota study di Jayapura, sebagai generasi penerus keluarga, gereja, masyarakat dan pemerintah di masa mendatang, jangan terjerumus dalam dunia Miras dan Narkoba. Jaga diri dari bahaya Miras dan Narkoba.  Karena menurutnya, Miras dan Narkoba membawa kehancuran masa depan anak-anak muda. 

“Kalau sudah menjadi mahasiswa, saya rasa sudah mampu membedakan manayang baik dan buruk. Saya yakin kalian mampu membedakan bahaya konsumsi Miras, Narkoba dengan kegiatan bermanfaat lainnya saat ada di bangku kuliah atau pendidikan di Jayapura. Maka kalian mewaspadai diri terhadap bahaya Miras dan Narkoba.  Karena masa depan di tangan kalian dan juga kalian masih panjang waktu, disana masyarakat dan pemerintah, agama, sedang menunggu kehadiran kalian untuk bangun daerah, gereja, masyarakat. Belajarlah dengan baik,” tegas Amos Edowai. 

Lanjutnya, kalian datang ke jayapura dengan tujuan untuk belajar dan kuliah. Maka kesempatan yang ada jangan dilewatkan begitu saja, manfaatkan baik dengan kegiatan yang bermanfaat dan  belajar.  Jauhi diri dengan hiburan yang tidak bermanfaat.  Manfaatkan waktu dengan tiada hari tanpa belajar.  Jangan manfaatkan waktu dengan hiburan yang tak berguna, seperti minum mabuk, nikmati narkoba dan hal-hal negatif lainnya yang dapat merugikan diri dan masa depan.   

Oleh sebab itu, dia mengharapkan, waktu yang ada semasa kuliah manfaatkan waktunya dengan baik dan terus  belajar.  Agar nantinya kalian juga dapat menyelesaikan kuliah dengan baik dan dapat menjadi orang yang berguna bagi banyak.   

“Kami orang tua di kampung berharap anak-anak pergi kuliah pasti kembali ke kampung halaman dengan menyandang gelar sarjana.  Maka sesuai harapan orang tua, kalian harus selesaikan kuliah dengan baik. Pulang atau kembali ke kampung halaman harus jadi sarjana. Jangan putus di tengah jalan.  Kalian berusaha puaskan orang tuamu dengan nilai, prestasi dan gelarnya,” tandasnya.

Oleh karena itu, dirinya kembali mengharapkan kepada para mahasiswa, tidak hanya kejar ijasah.  Tetapi kejarlah kwalitasmu, sesuai displin ilmu yang ditekuni semasa kuliah. (hbb)  


Polling has no value
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Suara dari Kedalaman Jiwa
Dia mengakhiri sambutannya dengan penggalan kalimat : Selamat datang di Papua selamat bertanding. Tuhan berserta kita semua. Torang bisa. Wa wa wa. Hanya enam menit dia pidato sambutan Selamat Datang atas nama Gubernur Papua.
suroso  Minggu, 19 September 2021 22:52
Makna Dogiyai Bahagia Bagi Guru
*) Oleh Agustinus KegiyePada Jumat 3 September 2021, saya bersama 24 Guru sempat berdialog tentang Dogiyai Bahagia. Diskusi kami tentang mak

Hahae

Tanah milik KODIM dan POLRES
suroso  Rabu, 29 Januari 2020 1:16

  Ada Pace dua dong pasang Patok di dorang pu lahan. Pace yang satu de tulis : “Tanah ini milik KODIM”. Pace yang satu lagi tulis : "Tanah ini milik POLRES"

Satu kali begini, Komandan Kodim dan Kapolres yang baru menjabat pi lihat lahan itu dan truss merasa bertanggung jawab. Jadi masing-masing kerahkan dong pu anggota bersihkan lahan. Pas lahan su bersih dan rapi, Pace yang pu tanah datang ucap terima kasih.

“Adoo Bapa Komandan hormat… terima kasih su kasi bersih tong dua pu lahan… perkenalkan sa pu nama KOrneles DIMara.. disini dong biasa panggil sa KODIM. Sa yang pu lahan ini. Yang di sebelah tuu sa pu teman punya dia pu nama POLy RESubun biasa dong panggil dia POLRES

Populer

Suara dari Kedalaman Jiwa
suroso  Minggu, 10 Oktober 2021 2:8
Intan Jaya Masuk Level 2 Penerapan PPKM
suroso  Rabu, 11 Agustus 2021 22:17
Menangi PSU, Ini Pesan Mesak Magai
suroso  Senin, 2 Agustus 2021 15:10
Jika Tak Ada Gugatan, KPU Tetapkan Paslon Terpilih
suroso  Selasa, 3 Agustus 2021 21:31
Iklan dan berlangganan edisi cetak
Hotline : 0853 2222 9596
Email : papuaposnabire@gmail.com

Berlangganan
KELUHAN WARGA TERHADAP PELAYANAN UMUM
Identitas Diri Warga dan Keluhan Warga

Isi Keluhan